Kamis 10 Oktober 2019, 20:06 WIB

Polri Sebut Pandenglang Sarat Kelompok Teroris

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Polri Sebut Pandenglang Sarat Kelompok Teroris

Antara
Wiranto digotong dari mobil menuju ruang UGD Menes Medical Center (MMC)

 

MABES Polri mengatakan lokasi penyerangan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten merupakan kawasan yang terpapar radikalisme.

"Fakta hasil mapping daerah kerawanan paparan ISIS tiap Polda memliki daerah, kabupaten, desa ring satu, dua atau tiga atau rawan kurang rawan tidak rawan di mapping tiap Polda," kata Dedi Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kamis (10/10).

 

Baca juga: Pelaku Penusukan Wiranto Dibawa ke Mabes Polri

 

Dia menambahkan, indikasi kawasan itu rawan paparan radikal berdasarkan pemetaan tim Densus 88 Anti-teror Polri. Bahkan, Densus menetapkan kawasan itu ke dalam kategori daerah rawan teroris.

"Dari hasil keterangan sementara ya (pelaku terpapar paham radikalisme), kita dapat informasi awal dari aparat setempat seperti itu. Nanti kalau ada updatenya akan kita infokan lebih lanjut," imbuhnya.

Sebelumnya Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan pelaku penusukan terhadap Wiranto yang bernama Syahril Alamsyah alias Abu Rara merupakan anggota Jaringan JAD Bekasi. Menurut dia, Abu Rara diketahui sering berpindah-pindah tempat tinggal.

"Bahwa dari 2 pelaku ini kita sudah bisa mengindentifikasi bahwa pelaku adalah dari kelompok JAD Bekasi. Kita tahu bahwa saudara Abu Rara ini dulu adalah dari sel JAD Kediri kemudian pindah," kata Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (10/10).

Budi menambahkan, pihaknya telah mendeteksi keberadaan Abu Rara saat berada di Bogor. Namun, dia bercerai dan pindah ke kawasan Menes Pandeglang.

"Sudah kita deteksi pindah ke bogor, kemudian karena cerai dengan istri pertama pindah ke Menes san difasilitasi oleh salah satu Abu Syamsudin, JAD," sebutnya.

Saat ini, Wiranto masih dirawat intensif dan menjalani operasi di bagian perutnya akibat luka tusukan tersebut.b (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

Polisi Hormati Hasil Penyelidikan TGPF Intan Jaya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:24 WIB
TGPF Intan Jaya menyimpulkan ada keterlibatan aparat keamanan dalam penembakan Pendeta Yeremia...
MI/ADAM DWI

Sidang Perdana Nurhadi Digelar Hari Ini

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:10 WIB
Nurhadi akan diadili bersama menantunya, Rezky Herbiono. Sidang perdana ini akan menguak unsur suap dan gratifikasi hasil penyidikan...
Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Relawan Jokowi Dorong Reshuffle Kabinet

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 05:33 WIB
Jika Jokowi kukuh mempertahankan sejumlah menteri yang berkinerja buruk, hal itu akan membuat citra mantan Wali Kota Solo itu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya