Kamis 10 Oktober 2019, 18:58 WIB

KP Tolak Tiga Nama Kandidat Ketum PSSI

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
KP Tolak Tiga Nama Kandidat Ketum PSSI

Antara Foto/WAHYU PUTRO A
Kantor PSSI

 

KOMITE Pemilihan (KP) telah merampingkan bakal calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023 menjadi 8 orang.

Adapun ke-8 nama tersebut, yakni Aven S Hinelo, Benny Erwin, Brigjen (Purn) Benhard Limbong, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Komjen M Iriawan. Lalu, ada politikus Partai Gerindra Fary Djemi Francis, Chairman Klub Sepak Bola Brisbane Roar Rahim Soekasah, pengusaha Vijaya Fitriyasa.

Dari 11 pendaftar yang diterima KP pekan lalu, ada 3 nama yang ditolak, yakni CEO Nine Sports Arif Putra Wicaksono, Sarman, dan Yesayas Oktavianus. Ketiganya dibolehkan mengajukan banding.

Ketua KP Syarif Bastaman mengatakan nama-nama tersebut boleh mengajukan banding karena memiliki kekurangan pada syarat berkecimpung minimal lima tahun dalam kancah sepak bola Indonesia yang terdaftar sebagai anggota PSSI.

"Umumnya yang tak memenuhi syarat, mungkin ada terlibat di PSSI, tapi acara yang sifatnya insidental, seperti panitia pertandingan yang dijumlahkan hanya beberapa bulan. Ada juga aktif di sepak bola, tapi aktifnya perusahaan. Harusnya 5 tahun aktif di pengurus member PSSI," kata Syarif, ketika konferensi pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10).

Syarif mengatakan memberikan kesempatan kepada tiga nama yang ditolak untuk ajukan banding hingga 16 Oktober mendatang ke Komite Banding Pemilihan (KBP). Setelah itu, jika banding diterima atau ditolak, pihaknya akan menetapkan daftar calon tetap pada 19 Oktober mendatang.

Sementar itu, CEO Nine Sports Arif Putra Wicaksono yang dinyatakan tidak lolos segera mengajukan banding ke KBP.

"Saya sudah berkegiatan di sepak bola dari tahun 2013, berkas surat sudah saya lengkapi, pastinya besok saya ke PSSI untuk menindaklanjuti keputusan itu," kata Arief, ketika dihubungi.

Ia kemudian mempertanyakan keputusan KP tersebut, lantaran ia menilai telah memenuhi syarat lima tahun berkecimpung di member PSSI.

"Koridor kan kalau di KBBI itu artinya berada di jalan. Selama ini saya juga telah ngurusin timnas, dari kelompok u-19, u-23, timnas, persiapan Sea Games, AFF, AFC. Saya juga membantu training ada banyak klub, pengembangan pemain muda, itu kan anggota PSSI juga," kata Arif. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More