Kamis 10 Oktober 2019, 16:00 WIB

Bogor Lebih Dulu Hujan, DKI Harus Waspadai Banjir Kiriman

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bogor Lebih Dulu Hujan, DKI Harus Waspadai Banjir Kiriman

MI/Ramdani
Banjir kiriman dari Bogor

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan lebih dulu hadir di wilayah Bogor dan Sukabumi.

Jakarta pun harus bersiap menerima banjir kiriman dari kedua wilayah tersebut.

"Iya harus waspada. Tetapi saat ini curah hujan belum maksimal," ungkap Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Cuaca BMKG Siswanto ketika dihubungi, Kamis (10/10).

Siswanto menyebut Bogor dan Sukabumi akan mulai diguyur hujan secara intens pada pekan depan. Pembentukan awan pada hari-hari ini terkonsentrasi di wilayah Bogor, Sukabumi, serta dapat meluas hingga wilayah selatan Jakarta, sebagian Bekasi dan Tangsel.

Pembentukan awan-awan hujan dimungkinkan karena kelembapan udara memenuhi dan cukup kuatnya gerak udara naik (updraft) di wilayah-wilayah sekitar pegunungan ini.

Baca hujan: 15 Titik Genangan Muncul Usai Hujan Guyur Jakarta

Sementara, Jakarta dan sekitarnya baru akan intens diguyur hujan pada akhir bulan ini.

"Terutama dimulai dari wilayah selatan dan barat," ujarnya.

Ia turut menjelaskan saat ini meski sudah diguyur hujan, musim di Jakarta masih memasuki musim peralihan atau pancaroba.

Hujan yang turun pun masih bersifat lokal atau sporadis. Ia menambahkan, Jakarta baru akan memasuki puncak musim hujan pada Januari hingga Februari mendatang dengan intensitas yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More