Kamis 10 Oktober 2019, 15:11 WIB

Moeldoko: Pengumuman Kabinet Bisa Saja Setelah Jokowi Dilantik

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Moeldoko: Pengumuman Kabinet Bisa Saja Setelah Jokowi Dilantik

MI/Rommy Pujianto
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko

 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pengumuman kabinet Presiden Joko Widodo di periode kedua bisa saja dilakukan di hari yang sama saat pelantikan pada 20 Oktober 2019.

“Oh bisa (diumumkan pascapelantikan). Setelahnya bisa,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/10).

Namun, Moeldoko belum bisa memastikan soal lokasi Jokowi akan mengumumkan kabinetnya itu.

“Bisa di Istana, bisa di luar istana. Semua opsi masih terbuka,” imbuhnya.

Moeldoko menegaskan struktur kabinet di periode kedua pemerintahan Jokowi sudah final, seperti yang kerap kali disampaikan Jokowi dalam berbagai kesempatan. Namun, ia enggan menyinggung siapa-siapa yang akan mengisi posisi menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga: Prabowo Diduga Bidik Kursi Menteri di Kabinet Jokowi

Moeldoko hanya menyampaikan, Presiden dalam menyusun kabinet memikirkan berbagai faktor, termasuk risiko perlambatan ekonomi dunia yang sudah mulai dirasakan saat ini.

"Ya itu juga udah dalam setiap sidang kabinet dibicarakan, kita istilahnya bukan hanya menyiapkan payung tapi juga berbagai hal untuk menghadapi situasi itu," jelas Moeldoko

Di lain sisi, Moeldoko mengungkapkan akan ada parade kebudayaan usai Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik. Moeldoko mengatakan parade kebudayaan itu merupakan bentuk ucapan syukur atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Intinya syukuran, tapi juga ada kontribusi dari berbagai budayawan dari berbagai kelompok seni ingin meramaikan dalam bentuk parade budayalah begitu. Ya disilakan saja," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pimpinan MPR RI sepakat mengusulkan pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada Minggu (20/10) pukul 14.00 WIB.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More