Kamis 10 Oktober 2019, 05:30 WIB

All New Kwid Tawarkan Generasi Baru

(S-3) | Otomotif
All New Kwid Tawarkan Generasi Baru

DOK. RENAULT
RENAULT akhirnya memberikan perubahan signifikan alias generasi baru bagi entry level mobilnya, yakni Kwid.

RENAULT akhirnya memberikan perubahan signifikan alias generasi baru bagi entry level mobilnya, yakni Kwid. Mobil ini memperoleh sejumlah penyegaran dan teknologi baru yang cukup signifikan sejak meluncur empat tahun silam di India.

Perubahan yang paling mendasar dari mobil itu, yakni menggunakan sasis City K-Ze yang juga merupakan sasis untuk Kwid listrik. Ubahan sasis ini juga berimbas pada desain bodi. Tampilannya pun jauh lebih modern serta sporty.

Mengutip dari Medcom.id, sektor fascia atau depan kini berubah drastis dengan penggunaan lampu utama LED yang dikombinasikan daytime running lights (DRL). Efek ukuran lampu yang mengecil serta bagian grill lebih lebar dan melengkung memberikan kesan lebih gagah. Lampu belakang juga sudah menggunakan teknologi LED.

Selain itu, desain bumper dibuat lebih tinggi dan penuh lekukan berotot. Bagian samping tidak mengalami banyak perubahan. Perlu dicermati, yaitu bagian pelek baut tiga yang menjadi ciri khas Kwid tetap dipertahankan, tapi dengan desain palang baru.

Beralih ke interior, tidak banyak perubahan signifikan yang dilakukan Renault untuk All New Kwid. Hanya konsol tengah yang berubah disebabkan menggunakan head unit dengan ukuran yang lebih besar 8 inci. Head unit ini sudah dilengkapi dengan kemampuan Android Auto, Apple Carplay, Video Playback, dan Voice Recognition.

Modernisasi juga tampak di cluster informasi sopir yang sudah mengadopsi model digital full colour. Kemudian, di bagian transmisi sudah menghilangkan model tuas, berganti dengan konsol putar seperti mobil-mobil premium Eropa.

Urusan dapur pacu, All New Kwid memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin 800 cc 3-silinder bertenaga 54 daya kuda dengan torsi 71 Nm atau mesin 1.000 cc 3-silinder 68 daya kuda dengan torsi maksimal 91 Nm. Opsi transmisi mendapat dua pilihan, yakni AMT dan manual 5 percepatan.

Soal harga di India, mobil ini dibanderol mulai INR283.290, atau sekitar Rp56,9 juta. Sebagai perbandingan Renault Indonesia juga memasarkan Kwid generasi sebelumnya yang didatangkan dari India dengan harga mulai Rp138 juta (on the road Jakarta).

Kehadiran All New Kwid tentu patut diwaspadai akan menjadi lawan yang sepadan bagi Suzuki Ignis bila melihat dimensinya. Keduanya sama-sama menganut model compact sport utility vehicle (SUV) untuk dalam kota. Bedanya, Ignis menggunakan mesin 1.200 cc. (S-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More