Kamis 10 Oktober 2019, 04:30 WIB

BUMN Fasilitasi Pembelajaran Digital

(RO/H-3) | Humaniora
BUMN Fasilitasi Pembelajaran Digital

ANTARA /HO/nz.
Rini M Soemarno meluncurkan program Indihome Digital Learning (IDL) di Timika, Papua, Selasa (8/10).

 

PEMERATAAN pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan bagi daerah terpencil. Terkait dengan hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meluncurkan program Indihome Digital Learning (IDL) di Timika, Papua, Selasa (8/10).

"IDL Papua di Timika ini merupakan pilot project sehingga anak-anak Papua dapat belajar melalui aplikasi digital. Mereka dapat mengakses materi pelajaran dari SD hingga SMA yang setara dengan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan," terang Rini dalam sambutannya. Rini berharap program ini dapat dilanjutkan ke kota-kota lain.

IDL menyediakan materi khusus untuk edukasi formal dam nonformal. Aplikasi Indihome Study atau laman www.indihomestudy.com tersedia untuk edukasi formal. Materi yang tersedia merupakan mata pelajaran untuk ujian nasional dilengkapi buku digital untuk guru dan murid. Sementara itu, materi nonformal ada di chanel Ruang Trampil di Indihome TV dengan tayangan program-program pembelajaran.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, program IDL Papua ini merupakan wujud nyata kehadiran Telkom di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Dengan kualitas yang meningkat, masyarakat Papua akan mampu bersaing di kancah domestik dan global.

"Telkom terus berkomitmen mendukung hal tersebut melalui penyediaan infrastruktur dan layanan terbaik menghadirkan konektivitas merata di seluruh Indonesia," kata Ririek.

Kelas edukasi digital diikuti lebih dari 200 warga yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Telkom juga memberikan bantuan sebesar Rp650 juta yang akan digunakan untuk beasiswa, perbaikan perangkat digital learning sekolah, serta 1.000 voucer Indihome Study yang dapat digunakan secara gratis selama tiga bulan untuk para peserta. (RO/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More