Rabu 09 Oktober 2019, 23:20 WIB

Hubungan RI-Taiwan Menjadi Lebih Dekat

Hubungan RI-Taiwan Menjadi Lebih Dekat

MI/Pius Erlangga
Kepala Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia atau Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen

 

KEPALA Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia atau Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen menyatakan kinerja keseluruhan Taiwan kini cukup menarik. Dalam hal ekonomi, misalnya, menurut World Competitiveness Report 2018 dari Swiss World Econo-mic Forum, Taiwan berada di peringkat ke-13 di dunia dan ke-4 di kawasan Asia-Pasifik.

Taiwan juga menjadi salah satu dari empat teratas inovator super bersama Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss. Kestabilan ekonomi secara keseluruhan menempati urutan pertama di dunia dan sistem keuangan menduduki peringkat ke-7 di dunia.

Itu disampaikan John Chen dalam resepsi Hari Nasional ke-108 Republik China di Jakarta, Selasa (8/10). Acara itu dihadiri pejabat pemerintah, anggota parlemen, para diplomat, komunitas Tionghoa, pengusaha Taiwan, cendekiawan, seniman, dan budayawan.

Menurut Chen, dengan semangat yang berorientasi pada humanisme dari 'Kebijakan Baru ke Arah Selatan' Taiwan, interaksi dan pertukaran masyarakat antara Taiwan dan Indonesia juga menjadi Iebih dekat.

Saat ini, ada sekitar 300 ribu orang Indonesia tinggal di Taiwan. Di antara mereka ada sekitar 260.000 pekerja migran Indonesia. Gaji, asuransi kesehatan, dan kesejahteraan Taiwan untuk pekerja migran Indonesia ialah yang terbaik di antara pekerja migran asing lainnya.

Selain itu, ada sekitar 12.000 pelajar Indonesia di Taiwan. Lewat program produksi dan pembelajaran yang dipromosikan kedua negara, lulusan perguruan tinggi multiteknologi Indonesia yang datang ke universitas sains dan teknologi Taiwan untuk belajar selama dua tahun bisa magang di perusahaan-perusahaan berkualitas di Taiwan selama satu tahun.

Adapun sumbangan dana pemerintah dan swasta Taiwan untuk korban bencana alam di Indonesia telah melebihi US$2,86 juta. (Hym/X-11)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More