Rabu 09 Oktober 2019, 19:39 WIB

DPRD DKI Minta Pelantikan Pimpinan Definitif Pada Senin Depan

Insi Nanrtika Jelita | Megapolitan
DPRD DKI Minta Pelantikan Pimpinan Definitif Pada Senin Depan

MI/Putri Annisa Yuliani
Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Syarif

 

WAKIL Ketua DPRD DKI sementara, Syarif meminta jadwal pelantikan pimpinan definitif dilakukan pada minggu depan.

Saat ini pihaknya menunggu kepastian dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta untuk mengagendakan pengambilan sumpah dan janji jabatan terhadap kelima pimpinan definitif DPRD DKI periode 2019-2024.

"Insha Allah, Senin (dilantik) ya. Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri sudah didapat tadi pagi. Kami sedang menunggu jawaban dari Kepala Pengadilan Tinggi. Kalau jadwalnya ada, Senin depan diagendakan," ujar Syarif saat dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Rabu (9/10)

Pada Kamis (3/10) lalu, DPRD DKI Jakarta sudah menggelar rapat pengumuman pimpinan DPRD DKI periode 2019-2024. Nama Prasetio Edi Marsudi kembali ditunjuk sebagai Ketua DPRD DKI dari PDI Perjuangan.

Empat Wakil Ketua DPRD lainnya ialah Mohamad Taufik dari fraksi Partai Gerindra, Zita Anjani dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Misan Samsuri dari fraksi Partai Demokrat, dan Abdurrahman Suhaimi dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga : Mahasiswa Siap Awasi Kinerja DPRD DKI

Selain melantik pimpinan definitif yang baru, Syarif mengatakan ada agenda lain yakni pengesahan tata tertib (tatib) pembentukan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Diketahui, proses penyusunan AKD periode 2019-2024 mengacu pada amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Aturan hukum itu dijadikan acuan untuk menyusun AKD DPRD DKI berupa lima komisi, Badan Musyawarah, Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan, dan Badan Legislasi Daerah (Balegda)

"Pengesahan itu melalui musyawarah mufakat secara proporsional. Setiap fraksi dapat secara proporsional. Lobi-lobi informal (antar fraksi) sudah berjalan. Setelah itu bahas anggaran DKI," tandas Syarif. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More