Rabu 09 Oktober 2019, 14:21 WIB

Dana Desa untuk Meningkatkan Infrastruktur Jalan Beton

Benny Bastiandy | Nusantara
 Dana Desa untuk Meningkatkan Infrastruktur Jalan Beton

Mi/Benny Bastiandy
Para perajin sapu di Desa Wangunsari, Cianjur mudah memasarkan produksinya setelah jalan desa diperbaiki.

 

PEMERINTAH Desa Wangunsari Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memanfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur jalan. Hingga  saat ini, sebagian besar kondisi jalan di wilayah yang berada di selatan Cianjur itu, relatif cukup bagus.

"Bagusnya kondisi jalan di wilayah kami sangat menopang terhadap aktivitas perdagangan. Para pelaku usaha di sini tidak lagi kebingungan memasarkan hasil produk mereka," kata Kepala Desa Wangunsari, Sapaat Suanda, Rabu (9/10).

Selain produk yang mengandalkan hasil bumi seperti gula aren, kata Sapaat, warga di Desa Wangunsari juga menggeluti kerajinan tangan. Di antaranya perajin sapu tamiang sangkir dan ruji/jeruji sangkar burung yang berada di Kampung Nagrak.

"Mata pencaharian masyarakat di desa kami mayoritas merupakan perajin dan petani. Makanya, infrastruktur jalan yang bagus sangat mendukung terhadap peningkatan hasil usaha masyarakat," jelasnya.

Peningkatan ruas jalan desa di wilayah tersebut dilakukan dengan cara pengerasan cor beton. Ruas jalan tak hanya bisa dilalui sepeda motor, tapi juga mobil.

"Alhamdulillah, sangat terasa manfaat Dana Desa bagi masyarakat. Sekarang cukup mudah memasarkan hasil bumi dan produk-produk kerajinan," ungkapnya.

Sapaat berterima kasih kepada pemerintah yang selama ini sudah mengalokasikan Dana Desa. Upaya itu menjadi langkah memeratakan pembangunan di wilayah perdesaan.

"Dengan dana desa, kami bisa membangun infrastruktur jalan dengan cepat dan baik," jelas dia.

Kampung Nagrak berada di ujung wilayah Desa Wangunsari. Jumlah penduduk Desa Wangunsari sebanyak 1.032 jiwa.

"Kebanyakan warga di sini bermatapencaharian petani dan perajin berbagai produk seperti sapu," kata Ewok, 49.

baca juga: Kabut Asap di Palembang Kembali Pekat

Ewok mengaku sekarang ruas jalan di wilayahnya sebagian sudah cukup bagus. Sehingga, warga tak lagi mengeluhkan memasarkan produk dan hasil bumi.

"Alhamdulillah, sekarang jalannya dicor beton," pungkasnya. (BB)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More