Rabu 09 Oktober 2019, 14:05 WIB

Muslim United Tidak Diizinkan Meminjam Masjid Gedhe Keraton Yogya

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Muslim United Tidak Diizinkan Meminjam Masjid Gedhe Keraton Yogya

Istimewa
Surat dari Keraton Yogyakarta yang isinya larangan Muslim United menggunakan Mesjid Gedhe.

 

KERATON Yogyakarta membatalkan izin peminjaman tempat Kagungan Dalem Masjid Gedhe untuk kegiatan Muslim United. Hal itu tampak dari unggahan putri keempat Sri Sultan HB X, GKR Hayu, di akun twitternya @GKRHayu.

GKR Hayu mengunggah dua surat Keraton Yogyakarta yang ditandatangani oleh GKR Condrokirono dan KGPH Hadiwinoto. Kedua surat tersebut masing-masing tertuju kepada Ketua Muslim United untuk Ketua Muslim United, Nanang  Syaifurozi dan Event Director Muslim United.

Surat pertama ditujukan kepada Ketua Muslim United, Nanang Syaifurozi , menindaklanjuti Surat Nomor: 002/PPT/MU/IX/2019 tertanggal: 24 September  2019, terkait dengan permohonan izin Peminjamanan Ndalem Pangulon Masjid Gedhe Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada hari Jumat- Ahad, 11-13 Oktober 2019 jam 04.00-23.00 WIB, sebagai area Buffet Ustad dan area VVIP.

"Kami Gusti Kangjeng Ratu Condrokirono, Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, untuk sementara ini belum dapat mengabulkan permohonan menggunakan Masjid Gedhe Karaton serta halaman, Ndalem Pengulon, dan Alun-alun utara sisi barat," tulis GKR Condrokirono dalam surat tersebut.

Surat kedua ditujukan kepada Event Director Muslim United yang ditandatangani KGPH Hadiwinoto. Dalam surat tersebut tertulis, bersama ini kami beritahukan kepada Saudara bahwa berkaitan dengan izin penggunaan Alun-alun Utara. Sehubungan dengan adanya suatu hal, izin penggunaan Alun-alun Utara pada tanggal 11-13 Oktober 2019 tersebut kami cabut kembali/batal. .

baca juga: Limbah B3 Bisa Jadi Sumber Daya Baru

"Untuk yang pada bertanya alasan kenapa. Ketika poster acara muncul, banyak elemen masyarakat yang menyatakan keberatan atas acara tersebut. Sehingga seperti statement GKR Condrokirono, kami enggak mau ada ribut-ribut berkepanjangan," tulis GKR Hayu di akun twitternya @GKRHayu, Selasa (8/10).


GKR Hayu menjelaskan, Kawedanan Hageng Panitrapura yang dipimpin oleh GKR Condrokirono adalah divisi tertinggi di Keraton Yogyakarta saat ini setelah Sultan. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More