Rabu 09 Oktober 2019, 12:15 WIB

Rusak Lennon Wall, Turis Tiongkok Diusir dari Taiwan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Rusak Lennon Wall, Turis Tiongkok Diusir dari Taiwan

AFP/Handout/CNA
Turis Tiongkok Li Shaodong (tengah) dikawal petugas imigrasi Taiwan di Bandara Taoyuan untuk dideportasi.

 

TAIWAN telah mengusir seorang turis asal Tiongkok karena merusak sebuah Lennon Wall yang didirikan sebagai bentuk dukungan terhadap demonstrasi prodemokrasi Hong Kong.

Aktivis prodemokrasi Hong Kong telah mendirikan sejumlah Lennon Wall yang berisi kertas pesan warna-warni, poster, dan spanduk, di bernagai sudut kota. Hal yang sama juga terjadi di Taiwan terutama di sejumlah kampus.

Di Taiwan muncul dukungan besar terhadap aksi demonstrasi di Hong Kong yang telah berlangsung selama empat bulan.

Seorang turis Tiongkok yang diidentifikasi sebagai Li Shaodong dideportasi pada Selasa (8/10) karena disebut melakukan aktivitas kriminal setelah dia tertangkap sedang menyobek poster di sebuah Lenon Wall di sebuah kampus di Taipei, Senin (7/10).

Baca juga: Tiongkok Tuding AS Ikut Campur Urusan Dalam Negeri

Badan Imigrasi Taiwan menegaskan, "Pemerintah tidak akan menoleransi perilaku ilegal yang merusak demokrasi dan kebebasan."

Turis Tiongkok itu juga diganjar larangan melakukan perjalanan ke Taiwan selama lima tahun.

Deportasi kali ini diyakini sebagai yang pertama terkait demonstrasi Hong Kong.

Taiwan telah menyatakan kemerdekaan sejak 1949. Namun, Tiongkok memandang pulau itu sebagai wilayah mereka dan berjanji akan merebut wilayah itu lagi.

Hubungan antara Tiongkok dan Taiwan memanas pascaterpilihnya Tsai Ing-wen sebagai presiden pada 2016 karena pemerintahannya menolak mengakui Taiwan sebagai bagian dari Tiongkok. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More