Rabu 09 Oktober 2019, 10:15 WIB

Olahraga Penting untuk Pasien Kanker

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Olahraga Penting untuk Pasien Kanker

ANTARA/Rahmad
Sejumlah warga mengikuti senam massal di lapangan Jenderal Sudirman, Lhokseumawe, Aceh.

 

MEDICAL Department Kalbe Farma Dedyanto Henky Saputra mengatakan berolahraga pada pasien kanker penting untuk memberikan kebugaran tubuh serta meningkatkan selera makan.

"Olahraga ringan yang teratur dapat membantu meningkatkan selera makan dan supaya pasien bersosialisasi agar terhindar dari depresi," ujar Henky dalam kegiatan Kalbe Academia for Media Bogor, Selasa (8/10) sore.

Ia menyarankan, beberapa olahraga yang baik dilakukan pasien kanker adalah olahraga yang dapat menggerakan seluruh bagian tubuh semisal jogging ataupun berenang. Namun, olahraga itu harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

"Kalau hanya kuat 15 menit enggak apa-apa, nanti pelan-pelan ditambahkan durasinya, tetapi maksimal satu jam," kata dia.

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Turunkan Angka Kematian

Adapun, kegiatan olahraga pada pasien kanker dapat dilakukan tiga hingga lima kali dalam seminggu, dengan durasi maksimal 1 jam.

Sementara itu, tidak hanya olahraga, asupan nutrisi pada pasien kanker juga sangat penting agar tidak mengalami malnutrisi.

Pentingnya terpenuhi asupan nutisi pada pasien kanker, yakni untuk mencegah dan memperbaiki defisiensi zat gizi, membantu pasien menoleransi terapi, serta meminimalkan efek samping dan komplikasi terkait nutrisi.

"Tubuh itu memecah protein dan lemak dari sumber energi cadangan. Pasien akan sangat kurus karena otot hilang dan lemak habis, sehingga asupan nutrisi sangat penting diperhatikan," tuturnya.

Ia menjelaskan, besaran kebutuhan nutrisi bagi pasien kanker yang dibutuhkan yakni, kalori sebesar 30-35 kkal/kg/BB/hari, protein 1,2-2 gram/kg/BB/hari bahkan sampai 2,5 gram/kg/BB/hari. Juga asupan lemak 30-50% dari total kebutuhan harian, ditambah asam lemak omega-3. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More