Rabu 09 Oktober 2019, 09:16 WIB

Penetapan Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan Berlangsung Dinamis

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Penetapan Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan Berlangsung Dinamis

Istimewa/DPR
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad.

 

WAKIL Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan, penentuan pimpinan dan alokasi kursi untuk fraksi-fraksi di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih berlangsung dinamis.

Menurut Sufmi, masih perlu dilakukan lobi-lobi antarfraksi agar mencapai musyawarah mufakat dan proporsional sesuai metode penghitungan yang berlaku.

“Kalau kemarin itu bukan soal tarik-menarik Komisi, tetapi karena ada pembulatan-pembulatan yang kemudian dianggap mesti dikonsultasikan. Sehingga kita memberikan waktu kepada kawan-kawan untuk berkonsultasi dengan fraksi-fraksi masing-masing,” jelas Sufmi ketika ditemui wartawan di selasar Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Politikus Fraksi Partai Gerindra itu menambahkan, penentuan pimpinan AKD di periode ini berbeda dengan periode sebelumnya.

Kini, aturan terkait alokasi kursi di pimpinan di AKD tidak lagi sistem paket, melainkan proporsionalitas. Metode proporsional ini diyakini dapat mewakili suara rakyat karena berdasarkan komposisi perolehan suara partai politik dalam Pemilu 2019 dan jumlah kursi di DPR RI.

Sementara saat ditanyai target AKD yang diinginkan Fraksi Partai Gerindra, menurutnya saat ini masih belum ada AKD khusus yang diincar. Namun, tak menutup kemungkinan Fraksinya mengambil Komisi yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

"Gerindra akan mengambil Komisi atau AKD yang mana belum ada keputusan, sehingga kita masih konsultasikan dengan internal partai," jelasnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More