Rabu 09 Oktober 2019, 09:40 WIB

Ormas Pemuda Berikrar Jaga Pancasila

Dede Susianti | Politik dan Hukum
Ormas Pemuda Berikrar Jaga Pancasila

Ist
Puluhan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) berkumpul di Paledang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) Artikel ini telah ta

 

DALAM menyikapi kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini, pimpinan sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) berkumpul di Paledang, Bogor, Jawa Barat, untuk mempersiapkan Kongres Pemuda Indonesia Jilid II.

Beberapa OKP yang hadir di antaranya Ketua Umum IPPMI M Rafik Perkasa Alamsyah, Ketua Umum BKPRMI Said Aldi Al Idrus, Ketua Umum PP Pemuda Bulan Bintang Azanil Kelana, Ketua Umum Himpunan Pemuda Al Khaeraat, Husen Idrus Alhabsyi, Ketua Umum DPN Gema Kosgoro Untung Kurniadi, dan Ketua Umum Pemuda Islam Pemi Apriyanto.

Koordinator Kongres Pemuda Indonesia Jilid II, M Rafik Perkasa Alamsyah, menyatakan seluruh organisasi kepemudaan lintas agama, suku, dan golongan akan menghadiri kongres tersebut. "Kongres akan dihadiri pimpinan OKP nasional," ujar Rafik di Bogor, kemarin.

Menurut Rafik, banyaknya konflik sosial saat ini yang mengakibatkan ancaman disintegrasi bangsa, mendorong kaum muda untuk tampil dan menghidupkan kembali roh Sumpah Pemuda 1928. "Momentum ini kita ambil untuk menghidupkan kembali roh Sumpah Pemuda 1928," tegas Rafik.

Selain itu, Ketua Umum PP Himmah Aminullah Siagian berharap rekonsiliasi nasional harus segera dilaksanakan jika ingin NKRI tetap terjaga sebagaimana mestinya. "Gejala perpecahan sudah pada fase yang mengkhawatirkan. Kita akan merumuskan konsep strategis agar kondisi bangsa ini ke depan menjadi lebih baik," cetus Aminullah.

Menurut dia, kongres pemuda Indonesia juga akan mempertegas keberadaan Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara bagi seluruh lapaisan masyarakat yang tergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pendiri bangsa ini dengan susah payah sudah memutuskan bahwa Pancasila merupakan produk final sebagai dasar negara. Oleh karena itu, pemuda Indonesia akan menolak segala jenis rumusan terkait dasar negara selain Pancasila," tandas Aminullah.

Ia pun memastikan bahwa Kongres Pemuda Indonesia Jilid II juga akan merumuskan Sumpah Pemuda Jilid II dan Maklumat Paledang.

Lebih lanjut, Rafik menyatakan Maklumat Paledang akan terdiri dari lima poin. Pertama, putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia. Kedua, putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Ketiga, putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Keempat, putra dan putri Indonesia, mengaku dasar negara yang satu, Pancasila. Kelima, putra dan putri Indonesia, bersatu untuk berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. (DD/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More