Selasa 08 Oktober 2019, 16:48 WIB

NasDem DKI Pertanyakan Anggaran RTH yang Capai Rp1 Triliun

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
NasDem DKI Pertanyakan Anggaran RTH yang Capai Rp1 Triliun

MI/ARYA MANGGALA
Anggota DPRD DKI Fraksi NasDem Jakarta Nova Paloh

 

ANGGOTA DPRD DKI Fraksi NasDem Jakarta, Nova Paloh angkat bicara soal pengadaan anggaran untuk lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kurang lebih sebesar Rp1 triliun. Penganggaran sebesar tersebut, menurutnya harus jelas pengalokasianya.

"Sekarang begini dalam satu tahun kan harus ada penyerapan anggaran yang jelas. Anggaran (sebanyak) itu mau dibawa kemana? Apakah sudah ada lokasi yang mau dibangun tentang itu," kata Nova saat dihubungi, Jakarta, Selasa (8/10).

Diketahui, penganggaran untuk RTH termasuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), atau disebut KUA-PPAS 2020.

Nantinya, dokumen anggaran itu dibuat oleh Sekertaris Daerah (Sekda) untuk disampaikan kepada Kepala Daerah atau Gubernur sebagai pedoman dalam penyusunan APBD

"Anggaran harus jelas. Lahan mana yang mau dialokasikan, mana yang mau dibeli. Kalau ternyata lokasi enggak ada, terus anggaran sudah ada sebesar itu kan ada sisa lebih penggunaan anggaran (SiLPA) kedepan," kata Nova.

Nova kemudian mengatakan, penyerapan anggaran DKI lalu tidak mencapai 100%. Dalam KUA-PPAS 2020, selain penganggaran RTH yang dianggap besar, perbaikan rumah dinas Gubernur DKI Anies Baswedan juga mencapai Rp2,4 miliar.

Kemudian, untuk anggaran yang diajukan APBD 2020 sebesar Rp95,99 triliun. Hal ini naik Rp6,9 triliun dari sebelumnya, dimana APBD 2019 menganggarkam Rp89,08 triliun

"Maksud saya jangan (sampai) anggaran besar tapi perencanaan enggak jelas. Kita lihat Jakarta saja sudah sempit begini. Lahan mana (lagi) yang mau dibeli?" tandas Nova. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More