Selasa 08 Oktober 2019, 16:42 WIB

Pemimpin Hebat harus Mampu Eksekusi Ide

Andhika prasetyo | Ekonomi
Pemimpin Hebat harus Mampu Eksekusi Ide

MI/ Ramdani
Rhenald Kasali

 

IDE adalah permulaan dari sebuah kesuksesan. Tanpa ada ide yang bagus dan matang, tidak akan ada kinerja positif yang bisa diraih.

Namun, ide bukanlah segalanya. Ide hanya akan menjadi sebatas wacana jika tidak ada perencanaan dan eksekusi.

Demikian diungkapkan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnisn Universitas Indonesia Rhenald Khasali dalam acara peluncuran buku Leadership in Practice Apa Kata Asmawi Syam.

Ia menyebut implementasi dari sebuah ide adalah hal yang paling sulit. Salah satu contoh yang seringkali terdengar adalah terkait pemindahan ibu kota.

 

Baca juga: Menkeu Sebut Literasi Keuangan di Indonesia Masih Rendah

 

Gagasan itu, lanjutnya, sudah beredar sejak lima tahun lalu. Bahkan lebih jauh dari itu, ide ibu kota pindah sudah muncul sejak zaman Presiden Soekarno.

"Tapi sampai sekarang tidak juga ada implementasi karena memang sulit. Ada banyak hal yang membuat ide itu tidak terealisasi, mulai dari ketakutan pemimpin sebagai eksekutor hingga faktor eksternal seperti seperti masukan atau penolakan dari pihak lain," ujar Rhenald.

Ia mengakui dalam upaya mengimplementasi sebuah ide, pasti akan ada banyak hal yang terjadi. Berbagai tentangan dan tantangan akan menghampiri.

"Seperti pindah ibu kota, itu kan banyak yang menentang, mempertanyakan, minta uji dulu, kaji dulu. Itulah mengapa Indonesia tidak pernah ada perubahan sejak lama," jelasnya.

Maka itu, ia mengatakan untuk menjadi pemimpin yang hebat, seseorang harus berani mengambil keputusan, menjadi eksekutor dari ide-ide matang. (OL-8)

Baca Juga

Dok Modernland

Cara Pengembang Kebut Pembangunan di Masa Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 November 2020, 00:15 WIB
Meski dikebut, pembangunan senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara...
Dok. BP tapera

Kerja Sama Pemda dan BP Tapera Terus Didorong

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 24 November 2020, 23:48 WIB
Ia mengatakan, keberadaan BP Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan, untuk...
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Bisnis Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Disuntik Rp29 M

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:47 WIB
Mangkokku adalah perusahaan rintisan (startup) kuliner yang didirikan pada 2019 oleh juri Masterchef Indonesia Arnold Poernomo dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya