Sabtu 05 Oktober 2019, 10:20 WIB

Wapres Jusuf Kalla Resmikan Komunitas dan Kampus Sehat di UI

mediaindonesia.com | Humaniora
Wapres Jusuf Kalla Resmikan Komunitas dan Kampus Sehat di UI

Istimewa
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) meresmikan Komunitas dan Kampus Sehat di Kampus UI Salemba, Jakarta.

 

WAKIL Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meresmikan Komunitas dan Kampus Sehat di lingkungan Kampus Universitas Indonesia (UI). Dengan peresmian itu, UI menjadi kampus percontohan untuk mengampanyekan gaya hidup sehat serta menggiatkan Promosi Kesehatan dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di tengah-tengah mahasiswa dan sivitas akademika lainnya.

Peresmian Komunitas dan Kampus Sehat yang dilakukan Wapres Jusuf Kalla tersebut dilaksanakan di Gedung Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI), Kampus UI Salemba, Jakarta, pada Jumat (4/10).

Bersamaan dengan acara peresmian di Kampus UI, Salema, Komunitas dan Kampus Sehat juga diresmikan di tiga kampus lainnya yaitu Universitas Nasional Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Universitas Andalas, Padang,Sumatra Barat, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada hari yang sama, juga diluncurkan pula percontohan Komunitas Sehat yang dijalankan oleh Kabupaten Sidoarjo di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Musi Banyu Asin di Provinsi Sumatra Selatan, dan Kota Depok, Jawa Barat.

Sebagai salah satu rangkaian acara tersebut, Wapres Jusuf Kalla yang didampingi Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met,dan Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, hadir dalam Talkshow bertema 'Kesehatan Pencegahan Penyakit Tidak Menular'.

Wapres juga mengunjungi Posbindu FKUI (Pos Binaan Terpadu Fakultas Kedokteran UI). Posbindu merupakan bagian dariprogram Komunitas dan Kampus Sehat –yang diharapkan mampu mereplikasi upaya deteksi dini di kampus.

UI memiliki 20 pusat Posbindu yang dilayani oleh 140 kader kesehatan yang tersebar di seluruh fakultas, program, sekolah serta kantor-kantor di UI Salemba maupun Depok.

Para kader Posbindu di UI merupakan para staf pengajar dan tenaga kependidikan UI yang telah dibekali pelatihan oleh Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI serta akan diperlengkapi dengan infokit dan alat-alat pemeriksaankesehatan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Rektor UI Prof. Muhammad Anis menuturkan, “Tidak hanya mencetak mahasiswa yang unggul di bidang akademik, UI juga ingin menghasilkan lulusan yang sehat baik jasmani maupun rohani."

"Segala bentuk upaya tengah UI rintis guna mencapai gagasan healthy university framework -seperti yang diusung oleh AUN (ASEAN University Network) maupun Kementerian Kesehatan RI dan TNP2K. Kampus UI didominasi oleh kelompok usia produktif, untuk itu kami merasa sangat penting mengalakkan program prevention dan promotion kesehatan –khususnya Penyakit Tidak Menular di komunitas, tempat kerja dan kampus," papar Rektor UI.

"Kami sangat bangga Bapak Jusuf Kalla dapat hadir dan mendukung program ini. Adapun program ini bertujuan untuk mengampanyekan gaya hidup sehat, mengelola kantin sehat untuk menjamin nutrisi baik, dan menggalakan upaya monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menularyang bagi mahasiswa, dosen, staf, maupun warga UI lainnya. Diharapkan UI dapat menjadi universitas percontohan sebagai universitas sehat untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul,” jelas Prof. Muhammad Anis.

Posbindu adalah wadah intervensi kesehatan yang dibangun oleh masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan dijalankan oleh masyarakat itu sendiri. Seluruh Posbindu di lingkungan kampus UI difasilitasi oleh Klinik Satelit UI yang dikepalai oleh Dr. dr. Dhanasari Vidiawati Sanyoto, M.Sc., CM-FM., Sp.DLP.atas dukungan Kemenkes RI dan TNP2K. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More