Selasa 08 Oktober 2019, 13:27 WIB

Bappeda Klaim Penganggaran Renovasi Rumah Dinas Anies Sejak 2015

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Bappeda Klaim Penganggaran Renovasi Rumah Dinas Anies Sejak 2015

MI/RAMDANI
Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat

 

KEPALA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sri Mahendra Satria Wirawan menuturkan sudah lama pihaknya melakukan proses perencanaan dan penganggaran renovasi rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurutnya, rencana renovasi bangunan tua itu dimulai pada 2015.

”Rencana detail selesai pada 2016 dan masuk ke pembahasan RAPBD 2017. Pada 2 Oktober 2016 rencana renovasi (reparasi) bangunan tua ini disahkan dalam APBD 2017 dengan nilai Rp2,9 miliar,” terang Mahendra.

Namun, Mahendra mengatakan rencana itu tidak dilaksanakan pada 2017. Lalu, rencana ini kemudian direvisi dalam pembahasan RAPBD 2018 namun tidak kunjung disahkan karena ada arahan dari Anies untuk tidak memprioritaskan renovasi bangunan rumah dinas tersebut.

“Sejak itu, pada perencanaan 2018 dan 2019, renovasi (reparasi) tidak dimasukkan dalam rencana. Dalam pembahasan rencana anggaran 2020, dimasukkan, karena perbaikan atas kerusakan pada bangunan tua ini mulai makin mendesak,” ungkap Mahendra.

Baca juga: Renovasi Rumah Dinas Anies Telan Biaya Rp2,4 Miliar

Menurutnya, perencanaan pada 2020 ini dilakukan dengan penyisiran ulang atas kebutuhan reparasi sehingga bisa dilakukan penghematan.

“Semula, di APBD 2017 dianggarkan 2,9 M dan setelah di-review lagi dengan hanya melakukan perbaikan yang memang perlu, maka bisa dihemat menjadi 2,4 M. Ini artinya, kita berhemat sekitar 20% dari anggaran sebelumnya,” kata Mahendra.

Semua renovasi rumah dinas dilakukan melalui mekanisme dan prosedur yang berlaku dengan memperhatikan tingkat kerusakan dan juga menjaga tata kelola pemerintahan yang baik

Umur bangunan yang tua itu telah membuat banyak bagian, khususnya kayu-kayu di bagian atap, mengalami penurunan kualitas dan tidak bisa dipertahakankan.

Pihaknya menjamin semua prosedur dan ketentuan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar ditaati dalam menjalankan proses reparasi bangunan cagar budaya ini.

Pemprov DKI menyebut penghematan anggaran hingga sekitar 20% adalah hasil dari review Pemprov DKI Jakarta atas rencana renovasi yang ada pada APBD 2017.

Sejak dilantik pada 2017, Gubernur Anies dan keluarganya tidak tinggal di rumah dinas tersebut. Anies memilih tetap tinggal di rumah pribadinya di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More