Selasa 08 Oktober 2019, 11:23 WIB

KPPU Pantau Lelang Program QR Code MRT Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
KPPU Pantau Lelang Program QR Code MRT Jakarta

ANTARA/Muhammad Iqbal
Calon penumpang mengantre untuk naik MRT di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta

 

KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memantau jalannya lelang program kode QR yang diselenggarakan PT MRT Jakarta.

Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan pihaknya berencana untuk memanggil PT MRT Jakarta dalam rangka hal tersebut.

"Ya kita baru akan memanggil. Saya belum cek apakah surat pemanggilannya sudah dikirim atau belum. Tapi pastinya kita akan melakukan pemangilan itu," kata Guntur saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (8/10).

Guntur menyebut pemanggilan ini bukan karena ada aduan maupun laporan serta telah terjadi perkara yang merugikan salah satu pihak yang ikut serta dalam lelang.

Ia menjelaskan, pemanggilan yang dilakukan KPPU baru pada tahap ingin mengonfirmasi dan meminta kejelasan terkait jalannya lelang pengadaan perangkat lunak kode QR.

"Jadi ini bukan karena ada perkara ya. Kami ingin memanggil karena ingin menananyakan soal program ini. Jadi baru menanyakan saja," tegasnya.

Baca juga: Trans-Jakarta Kaji Rute ke Stasiun KA Bandara Manggarai

Menurutnya, konfirmasi ini diperlukan untuk memastikan tender ini tidak dimenangkan satu pihak saja. Guntur ingin masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menggunakan aplikasi pembayaran kode QR nanti saat telah beroperasi.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta berencana untuk mengadakan sistem tap in dan tap out tiket di gate Moda Raya Terpadu (MRT) menggunakan kode QR pada aplikasi 'smartphone'.

Untuk mengadakan kode QR ini, MRT pun mengadakan tender yang diikuti perusahaan berbasis aplikasi layanan pembayaran digital.

Masyarakat diharapkan bisa menggunakan kode QR ini untuk tap out dan tap in tiket di MRT paling cepat bulan ini atau akhir tahun ini.

Adanya pembayaran tiket melalui jasa layanan keuangan digital juga diharapkan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian tiket MRT yang saat ini masih sebatas di loket-loket di stasiun dan melalui kartu uang elektronik dari bank-bank konvensional. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More