Selasa 08 Oktober 2019, 07:35 WIB

Wakapolda: Keamanan Semua Ibukota Kabupaten di Papua Terjamin

Antara | Nusantara
Wakapolda: Keamanan Semua Ibukota Kabupaten di Papua Terjamin

Dok PLN
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik pascaaksi massa di Wamena, Papua, Senin (7/10).

 

WAKIL Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Polisi Jacobus Marjuki menyatakan situasi keamanan di hampir seluruh ibukota kabupaten di Provinsi Papua kini terjamin.    

"Kota-kota di Papua tidak ada masalah. Semua terjamin keamanannya," kata Brigjen Jacobus di Timika, Senin (7/10).        

Berbeda halnya dengan beberapa daerah di pedalaman Papua seperti Lanny Jaya, Nduga dan Ugimba (Kabupaten Intan Jaya), katanya, kondisi keamanannya perlu diwaspadai lantaran masih bercokolnya kelompok separatis bersenjata. 

Wakapolda menyambut baik usulan Bupati Puncak Willem Wandik agar aparat TNI dan Polri membuka keran komunikasi dengan KKSB yang selama ini sering melakukan teror penembakan di Kabupaten Puncak, terutama di Kota Ilaga dan sekitarnya.    

"Tidak ada masalah, kita kedepankan langkah persuasif. Tidak bisa sepenuhnya kita represif terus, tapi membangun komunikasi dengan semua pihak itu penting. Langkah represif dalam rangka penegakan hukum itu jalan terakhir yang kita tempuh. Melalui pendekatan persuasif dan preventif itu diharapkan ke depan tidak lagi timbul masalah-masalah,"  ujarnya.    

Wakapolda menegaskan jajarannya akan terus memburu siapapun pelaku kerusuhan Wamena yang terjadis pada Senin (23/9), untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

"Siapapun pelaku kerusuhan akan dikejar. Semua masyarakat mendukung kita. Berilah kesempatan kepada kepolisian untuk memproses perusuh-perusuh itu, jangan sampai nila setitik lalu merusak susu sebelanga. Bagi yang merasa tidak bersalah, silakan menempuh jalur hukum," katanya.   

baca juga: Status Bencana Karhutla Kalsel Diturunkan Menjadi Siaga Darurat

Wakapolda juga memastikan para pelaku kerusuhan Jayapura beberapa waktu lalu bakal dibawa ke Kalimantan Timur untuk menjalani persidangan di daerah itu. Pemindahan lokasi persidangan Buctar Tabuni dan rekan-rekannya itu ke Kalimantan Timur semata-mata demi menjaga keamanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya agar terhindar dari kerusuhan massal sebagaimana terjadi pada 29 Agustus lalu. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More