Selasa 08 Oktober 2019, 07:19 WIB

Status Bencana Karhutla Kalsel Diturunkan Menjadi Siaga Darurat

Denny Susanto | Nusantara
Status Bencana Karhutla Kalsel Diturunkan Menjadi Siaga Darurat

Antara
Ilustrasi

 

SEIRING mulai turunnya hujan dan keberhasilan pemadaman kebakaran hutan dan lahan oleh Satgas Karhutla, status Tanggap Darurat Bencana di Kalimantan Selatan diturunkan menjadi Darurat Siaga Bencana. Tujuh helikopter patroli dan water boombing masih tetap disiagakan di Lanud Syamsuddin Noor Banjarbaru. Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wahyuddin Ujud mengatakan kondisi karhutla dan sebaran titik api terus berkurang.

"Kerja Satgas Karhutla baik satgas darat dan udara mulai berhasil mengatasi karhutla dan kabut asap. Hujan juga mulai turun merata sehingga status bencana karhutla kita turunkan sejak kemarin dari tanggap darurat menjadi darurat siaga bencana," tuturnya, Selasa (8/10).

Penurunan status bencana menjadi darurat siaga ini berlaku hingga akhir Oktober mendatang. Menurut ramalan BMKG akhir Oktober wilayah Kalsel akan memasuki puncak musim penghujan. Meski status bencana sudah diturunkan namun satgas udara dua helikopter patroli dan lima helikopter water bombing bantuan BNPB tetap siaga di Lanud Syamsuddin Noor Banjarbaru.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kalsel, hingga kini luas karhutla di Kalsel terdata seluas 5.670 hektar dengan jumlah kejadian karhutla sebanyak 1.831 kali. Jumlah titik api terpantau Satelit Aqua Terra sebanyak 925 titik. Dari data tersebut luas hutan terbakar diperkirakan seluas 300 hektar dan lahan gambut seluas 2.100 hektar. Karhutla di Kalsel tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya yang tercatat seluas 4.200 hektar dengan jumlah titik api 480 titik api.

baca juga: KPK Sidak Pelabuhan Khusus Batu Bara

Koordinator Manggala Agni Kalsel, Zulkarnaen mengatakan satgas darat tetap bersiaga di posko utama terutama di areal lahan gambut sekitar bandara Syamsuddin Noor. Sejak dua pekan terakhir hujan mulai turun di sebagian besar wilayah Kalsel. BPBD Kalsel mulai bersiap melakukan sosialisasi waspada ancaman bencana banjir. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More