Senin 07 Oktober 2019, 16:00 WIB

TNI-Polisi Bali Tanam Mangrove di Tanjung Benoa

Arnoldus Dhae | Nusantara
TNI-Polisi Bali Tanam Mangrove di Tanjung Benoa

MI/Arnoldus Dhae
TNI, Polisi dan relawan di Bali menanam mangrove di Tanjung Benoa, Senin (7/10)

 

SEBANYAK 5.000 anakan mangrove ditanam oleh ratusan anggota TNI dari Kodam IX Udayana, anggota Brimob Polda Bali dan relawan peduli mangrove Bali, Senin (7/10) di wilayah Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan penanaman ribuan mangrove merupakan implementasi dari pembinaan teritorial dan pembinaan potensi maritim, bagian dari tugas pokok TNI.

"Saat ini, penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air sudah tidak bisa ditunda lagi. Sebab dampak kerusakan lingkungan akibat perubahan iklim, ulah manusia sudah di depan mata," ujar Benny, Senin (7/10).

Menurut Pangdam, mangrove sangat berperan penting dalam menahan abrasi, melestarikan vegetasi pesisir dan kesejukan alam lainnya.

"Kawasan Benoa Bali harus dijaga kelestariannya. Jika tidak, maka cepat atau lambat namun pasti, tanah pesisir akan semakin terkikis dan kerusakan kawasan pesisir akan terus terjadi," imbuhnya.

Baca juga: TNI Pecahkan Rekor MURI Tanam Mangrove dari Sabang-Merauke

Penanaman Mangrove dengan tema "Mari Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita" dilakukan secara serentak untuk memecahkan rekor Muri. Sebanyak 344.000 bibit Mangrove akan ditanam secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka HUT TNI ke-74. Untuk di Bali, ada sekitar 5 ribu anakan mangrove ditanam.

Benny juga menyampaikan harapannya ingin mengajak seluruh personel TNI-Polri serta elemen masyarakat, termasuk instansi-instansi pendidikan untuk lebih mencintai lingkungan. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Jangan sampai semakin lama alam semakin rusak yang disebabkan karena kurang sadarnya masyarakat atau manusia dalam menjaga lingkungannya.

Dalam kegiatan tersebut, salah satu peserta dari Brimob Polda Bali Iptu Gede Semarabawa mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh TNI ini. Penanaman pohon Mangrove manfaatnya akan dirasakan di kemudian hari.

"Selain memupuk rasa kebersamaan dan menjaga sinergitas TNI- Polri, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan mangrove yang berguna untuk melindungi kawasan pantai dan menjaga ekosistem di sekitarnya," ungkap Iptu Gede Semarabawa.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More