Senin 07 Oktober 2019, 14:54 WIB

Pengisian AKD Ditargetkan Rampung Sebelum Pelantikan Presiden

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pengisian AKD Ditargetkan Rampung Sebelum Pelantikan Presiden

MI/Susanto
Ketua DPR RI Puan Maharani (baju merah, kanan)

 

KETUA DPR Puan Maharani menyebut proses pengisian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR ditargetkan rampung sebelum rapat paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober.

"Secepatnya, kalau bisa minggu ini ya minggu ini. Kalau tidak bisa minggu ini ya minggu depan masih ada waktu. Targetnya sebelum pelantikan presiden tanggal 20," tutur Puan saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

Puan menyebut ada beberapa hal yang sudah disepakati terkait AKD pasca-dilakukannya rapat pimpinan. Namun, Puan masih memberikan waktu kepada seluruh pimpinan fraksi untuk melakukan musyawarah mufakat terkait struktur final AKD.

"Prinsipnya adalah kita harus menjaga harmonitas yang ada di DPR sesuai dengan UU kemudian semua dilakukan secara musyawarah dan mufakat," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPR Sebut Penentuan Pimpinan AKD Dilakukan Proporsional

Puan menuturkan, dari 11 komisi dan 6 badan yang ada di DPR, DPR telah menuntaskan pengisian struktur AKD di 11 komisi tersebut ditambah 2 badan yaitu Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN). Namun, Puan masih membuka kesempatan kepada setiap fraksi untuk saling melaukan musyawarah dan mufakat.

"Prinsipnya semua ini tidak ada ribut-ribut. Semuanya akan dikonsultasikan atau disenergikan kembali. Lagipula waktunya masih panjang," tuturnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More