Minggu 06 Oktober 2019, 15:00 WIB

Gelar Wisuda ke 74, Untar Siap Wujudkan SDM Unggul

mediaindonesia.com | Humaniora
Gelar Wisuda ke 74, Untar Siap Wujudkan SDM Unggul

Dok. Untar
Wisuda ke-74 Universitas Tarumanagara

 

SEBAGAI salah satu universitas swasta tertua di Indoneisa, Universitas Tarumanagara (Untar) siap membantu pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.

Hal itu diwujudkan lewat tena Untar Untuk Indonesia dalam Dies Natalis ke-60 Untar. Tema itu kemudian dikerucutkan menjadi Untar untuk Indonesia: Membangun SDM Berintegrasi dan Profesional Berjiwa Entrepreneur Berlandaskan Pancasila untuk Indonesia Jaya dalam wisuda ke-74, Minggu (6/10).

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan tema itu relevan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.

Untuk itu, Ia meminta lulusan Untar harus selalu terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni.

“Kiprah para lulusan dan alumni Untar telah tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri dengan semangat yang membawa kemajuan bagi Indonesia,”kata Agustinus Purna Irawan yang belum lama ini meraih prestasi sebagai Rektor terbaik pada Academic Leader Award 2019.

Baca juga : Untar Kedepankan Nilai Integritas, Profesional, dan Kewirausahawa

Pada wisuda ke-74 ini hadir Anggota DPRD DKI yang juga merupakan Alumni Untar Agustina Hermanto  yang akrab disapa Tina Toon, yang pernah menjadi artis cilik terkenal pada zamannnya.

Hadir juga Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Tina dan Erzaldi juga  menyampaikan orasi wisuda yang memompa semangat para wisudawan untuk siap berkiprah membawa nama baik Untar di masyarakat.

Agustinus menambahkan, proses pembelajaran di Untar mengembangkan nilai integritas,profesionalisme dan entrepreneurship. Ketiga nilai tersebut sangat diperlukan dalam memasuki dunia profesi yang penuh tantangan sekaligus peluang.

Agustinus mengungkapkan, sejumlah prestasi yang telah diraih Untar antara lain  memperoleh akreditasi A (Unggul) untuk Institusi Perguruan Tinggi, Sertifikasi ISO 9001: 2015, Sertifikasi Penjaminan Mutu Internal, Akreditasi A untuk Perpustakaan, 3 Bintang QS Rating, Akreditasi Internasional Prodi Teknik Mesin dan Teknik Sipil, kenaikan peringkat ke-34 untuk Perguruan Tinggi Nasional, peringkat ke delapan Perguruan Tinggi Swasta Nasional dan Academic Leader Award 2019 Kemenristekdikti untuk Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor Perguruan Tinggi Swasta.

Upacara wisuda ke-74 yang juga dihadiri Pembina dan Pengurus Yayasan Tarumanagara mewisuda 1.504 wisudawan berasal dari program S1, S2, dan S3 serta profesi dari delapan fakultas dan pascasarjana.

Hadir pula, Yenita, dosen Untar yang meraih  Penghargaan Rekor MURI dari Museum MURI Pimpinan Jaya Suprana ,sebagai pemilik 13 gelar akademik dengan  penghargaan dosen dan karyawan berprestasi.

Perempuan yang  sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ekonomi  Untar ini memiliki satu gelar sarjana, sepuluh gelar master, dan dua gelar doktor.

Yenita mengaku kehadirannya diminta Rektor Untar guna memberikan motivasi bagi para wisudawan bahwa alumni Untar kendati telah lulus masih terus berkiprah dibidang SDM yang memajukan  pendidikan tinggi, memajukan Untar, dan membawa nama baik Untar .

“Saya diminta Rektor Untar hadir dan tampil di wisuda ini untuk memberikan pengalaman dalam belajar serta memotivasi para wisudawan,”pungkas Yenita. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More