Minggu 06 Oktober 2019, 15:48 WIB

Menang di Buriram, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Menang di Buriram, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia

AFP/Lilian Suwanrumpha
Marc Marquez merayakan kemenangannya di GP Thailand

PEMBALAP Repsol Honda Marc Marquez sukses mengunci gelar juara dunia musim ini setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Thailand, Buriram, Minggu (6/10).

Kemenangan ini menghantarkannya menjadi juara dunia MotoGP 2019 dengan torehan 325 poin. Sementara pembalap asal Ducati, Andrea Dovizioso yang menjadi rivalnya harus puas finis di posisi keempat.

“Saya terharu atas kemenangan kali ini, dan saya sudah yakin sejak balapan terakhir untuk menjadi juara dunia di Buriram. Tahun ini bagi saya adalah tahun yang fantastis,” tutur Marquez usai balapan.

Sejak start, Marrquez sebenarnya nyaris menyenggol motor rider Yamaha, Maverick Vinales. Untungnya, kedua pembalap tak terjatuh dan langsung tancap gas untuk berusaha menyusul pembalap satelit Yamaha Fabio Quartararo yang melakukan start impresif dari pole.

Di lap kedua, Marquez sempat menysul Quartararo, namun Marquez tak cukup mampu menjaga kestabilan motornya sehingga kembali diambil alih oleh Quartararo.

Baca juga : The Doctor Puji Kehebatan Fabio Quartararo

Posisi pertama dan kedua semakin dikukuhkan Quartararo dan Marquez karena terus menjauh dari para pesaingnya usai lap keempat. Kedua pembalap bahkan nyaris unggul satu detik dari posisi ketiga, Vinales.

Sementara pembalap Yamaha, Valentino Rossi, sukses naik ke posisi enam di lap kelima pascamelewati pembalap Suzuki, Joan Mir.

Persaingan di posisi tengah pun berjalan seru, susul menyusul antara ALex Rins dan pembalap Ducati, Jack Miller, guna memperebutkan posisi ke tujuh dan delapan.

Di posisi depan, Quartararo terus melaju dengan kencang demi bisa menjadi nomor satu untuk pertama kali di MotoGP. Bahkan, memasuki lap Sembilan, pembalap rookie itu mampu lebih cepat 0,6 detik dari pembalap nomor 93 itu.

Marquez mulai memepet Quartararo usai lap keempat belas. Ia terus menekan Quartararo untuk menjadi yang terdepan, meski finis kedua pun sudah cukup bagi Marquez untuk mengunci gelar juara dunia.

Tekanan Marquez terus menyodok hingga sepuluh lap terakhir. Ia hanya berjarak 0,2 detik dari Quartararo. Di posisi tiga, Vinales semakin tertinggal jauh di belakang.

Hingga sisa empat lap, balapan semakin memanas. Marquez sempat menyalip di trek lurus, tapi pembalap asal Spanyol itu melakukan blockpass sehingga Quartararo kembali memimpin balapan.

Namun, bukan Marquez namanya jika menyerah sebelum garis finis lap terakhir. Pasalnya, Marquez menyusul Quartararo di tikungan akhir sehingga Marquez mampu mengambil alih posisi pertama dan menjadii juara di Buriram.

Baca juga : Quartararo Start Terdepan di GP Thailand

Marquez pun menjadi juara dunia yang sempurna karena bersamaan dengan yang tercepat di Buriram. Kemenangan ini membuatnya enam kali juara dunia dan melampaui capaian Mich Doohan dalam daftar juara dunia sepanjang masa.

Sang runner-up, Quartararo mengaku tetap bangga karena rookie sepertinya bisa bersaing dengan pembalap sehabat Marquez, bahkan hingga tikungan lap terakhir.

“Saya telah mencoba semuanya, saya pun tetap senang dengan hasil balapan kali ini,” tuturnya. (*)

Kemenangan Marquez menjadi juara dunia di Buriram, tak serta-merta menutup kemungiknan persaingan di balapan Motegi bakal tetap berjalan panas.

Pasalnya, Vinales yang berada di posisi tiga (167 poin) dan Rins dengan poin 163 tentu mengincar menjadi yang terbaik kedua dunia meampaui Dovizioso yang memiliki poin 215. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More