Minggu 06 Oktober 2019, 11:30 WIB

Banyuwangi akan Gelar Festival Gandrung Sewu

Usman Afandi | Nusantara
Banyuwangi akan Gelar Festival Gandrung Sewu

MI/Khoirul Hamdani
Penari Gandrung, yang merupakan siswi SMPN 4 Rogojampi Banyuwangi tampil perhelatan Gandrung Sewu, di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur

 

PAGELARAN seni tari kolosal festival Gandrung Sewu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu warga Banyuwangi dan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Seperti yang kita ketahui, tarian yang yang melibatkan lebih dari ribuan penari mulai dari anak-anak hinga dewasa menjadi primadona andalan pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam menarik kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Melalui seni tari kolosal festival Gandrung Sewu, masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tapi juga diajak untuk melestarikan warisan budaya untuk mendidik agar cinta akan budaya daerah tersebut. Sehingga kelestarian kesenian Gandrung tetap terjaga dan tidak musnah ditelan arus peradaban zaman.

Baca juga: Festival Gandrung Sewu, Suatu Upaya Regenerasi Pelaku Seni

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan acara festival Gandrung Sewu akan digelar pada Sabtu (12/10).

"Proses latihan ini lebih dari seribu penari, mereka bakal tampil pada festival Gandrung Sewu di pantai Marina Bom, 12 Oktober 2019 mendatang," ujar Anas dalam akun Instagram, Sabtu (5/10).

Selain itu, festival tari Gandrung Sewu ini merupakan ajang kesenian warga Banyuwangi yang menyajikan keindahan gerakan tari dibalut dalam sendratari berkisah, seperti perjuangan heroik rakyat Bumi Blambangan kala melakukan perlawanan terhadap penjajahan.

"Ajang ini menyajikan keindahan gerakan tari, seperti perjuangan rakyat Blambangan di era penjajahan," ungkapnya.

Perlu diketahui, kesenian Tari Gandrung Banyuwangi ditetapkan sebagai warisan budaya tak-benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More