Minggu 06 Oktober 2019, 10:38 WIB

Komposisi Fraksi DPR Disahkan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Komposisi Fraksi DPR Disahkan

Istimewa/DPR RI
Pimpinan Sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe.

 

PIMPINAN sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe (F-Demokrat) dan Hillary Brigitta Lasut (F-NasDem) telah mengetuk palu menandakan pengesahan sembilan nama fraksi yang akan menghiasi kinerja DPR RI periode 2019-2024 dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Komposisi fraksi DPR RI nantinya akan diisi sebanyak sembilan fraksi atau berdasarkan pada partai pemenang Pemilu 2019.

Fraksi tersebut terdiri dari PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, PKB, Partai Demokrat, PKS, PAN dan PPP.

Sebelum disahkan, Abdul Wahab memberikan kesempatan kepada perwakilan partai untuk menyebutkan struktur fraksi mereka. Selanjutnya kemudian politisi tertua tersebut menanyakan persetujuan para anggota lain.

“Apakah seluruh hadirin dapat menyetujui fraksi-fraksi yang telah disebutkan untuk menjadi fraksi-fraksi yang sah di DPR pada masa bhakti 2019-2024 ini, apakah ini semua setuju?” tanya Abdul Wahab yang selanjutnya dijawab “Setuju!” secara serentak oleh para Anggota Dewan yang hadir.

Setelahnya Politikus Daerah Pemilihan Sumatra Utara tersebut meminta Sekretaris Jenderal DPR RI menindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

Dari seluruh fraksi di DPR RI periode 2019-2024, Fraksi PDI-Perjuangan dikatakan mendapat porsi terbanyak yaitu sebesar 128 kursi, kemudian disusul Fraksi Golkar sebanyak 85 kursi, Fraksi Gerindra 78 kursi, dan Fraksi NasDem 59 kursi. Selanjutnya ada Fraksi PKB dengan 58 kursi, Fraksi Demokrat 54 kursi, Fraksi PKS dengan 50 kursi, Fraksi PAN dengan 44 kursi, kemudian terakhir Fraksi PPP dengan porsi sejumlah 19 kursi.

Selanjutnya dari keseluruhan fraksi partai politik di DPR ini juga telah menetapkan pimpinan fraksi mereka masing-masing. Dari total sembilan fraksi yang ada, hanya PDI-Perjuangan yang belum menentukan nama ketua dan susunan kepengurusan fraksi.

“Pimpinan Fraksi PDI-Perjuangan dengan anggota 128, susunan pengurus akan kami serahkan besok,” terang anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Utut Adianto. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More