Sabtu 05 Oktober 2019, 17:15 WIB

Menhub Akan Bangun KA Bandara di Empat Kota

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Menhub Akan Bangun KA Bandara di Empat Kota

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) melepas perjalanan kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun KA Bandara Manggarai.

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi telah membidik empat kota untuk dibangun ka bandara. Keempat daerah itu ialah Denpasar, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Hal ini disampaikan usai meresmikan Stasiun KA Bandara Manggarai, Sabtu (5/10). Menurutnya, pihaknya akan terus menambah moda transportasi dari pusat kota menuju bandara untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

Saat ini, ka bandara baru terbangun di Jakarta yang menhubungkan Bandara Soekarno Hatta dengan pusat kota Jakarta serta Kabupaten Tangerang dan Medan yang menghubungkan Bandara Kualanamu dengan Medan.

"Pertama Surabaya karena kotanya besar dan bandaranya juga besar. Kedua Bali, kita kalau bisa juga akan mengoneksikan bandaranya sampai ke Bali bagian utara. Ketiga ada Makassar dan Bandara Kertajati di Majalengka," kata Budi.

Baca juga: Stasiun KA Bandara Manggarai Resmi Beroperasi

Menurutnya untuk pembangunan ka bandara di daerah Makassar, Surabaya, dan Denpasar akan melakukan pembagunan baru.

Sementara untuk KA bandara menuju Bandara Kertajati, pihaknya akan mereaktivasi rel-rel lama yang berasal dari Bandung.

Denpasar dan Surabaya menjadi target terdekat untuk dibangun KA bandara. "Kita harapkan 2021 sudah mulai pembangunan infrastrukturnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun KA Bandara Manggarai hari ini. Sebayak 68 perjalanan kereta akan terselenggara melalui stasiun ini. Diharapkan dengan beroperasinya stasiun baru ini, jumlah penumpang bisa meningkat hingga 50%.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More