Sabtu 05 Oktober 2019, 15:32 WIB

Wagub NTT Berjanji Atasi Masalah Air Minum di Matim

Gaudensius Suhardi | Nusantara
Wagub NTT Berjanji Atasi Masalah Air Minum di Matim

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi

 

WAKIL Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi memberi perhatian penuh terhadap persoalan air minum yang dialami warga Kelurahan Ulung Baras, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur.

Begitu mendapatkan informasi terkait kesulitan ribuan warga di Kelurahan Ulung Baras, Josef Nae Soi memberikan tanggapan. 

“Senin (7/10) saya langsung follo up,” katanya kepada Media Indonesia, Sabtu (5/10).

Warga Kelurahan Ulung Baras yang rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan justru tambah menderita karena mereka kesulitan air minum. Penderitaan itu yang kini dialami warga kampung Langir, Nonggol, Ponto, Menge, Ncari, Mondo, Golo Nila, Wae Kara, Ngkarang, Padir Wai dan Lui. 

Semua kampung itu terletak di Kelurahan Ulung Baras, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

“Sejak saya bersekolah di SDK Wae Kara, rintihan kepedihan akan ketiadaan air terlihat sangat memilukan bagi semua masyarakat. Banyak anak sekolah tidak mandi hanya lap muka dengan air segayung yang diperoleh dengan bersusah payah. Bahkan keadaan ini masih ada sampai sekarang,” kata Apolonius Anas, warga setempat.

Baca juga: Bupati Flotim Ingatkan Sekolah Tertib Dalam Laporan Keuangan

Sebelumnya, Pasto Peter Due SVD yang bermukim di wilayah itu menuturkan, debit air yang minim membuat warga kampung terpaksa menunggu jatah mengambil air satu kali dalam tiga hari dan baru kemudian mendapat giliran lagi.

"Meski mereka mengantri namun antriannya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari," tutur pastor Piter Due SVD saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (5/10).

Setiap hari ribuan jeriken dan tempayan berjejer di jalur jalan itu untuk mendapatkan jatah air. Panjang antrean jeriken bisa mencapai 2 km.

Karena itulah warga berharap agar Wagub NTT Josef Nae Soi bisa memenuhi janjinya untuk memberikan perhatian atas persoalan air minum yang kini dialami warga Kelurahan Ulung Baras. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More