Sabtu 05 Oktober 2019, 02:00 WIB

Teleskop Tiongkok Terima Sinyal dari Antariksa

Iflscience/Rkp/L-2 | Humaniora
Teleskop Tiongkok Terima Sinyal dari Antariksa

FAST
Sferikal Apertur Lima Ratus Meter/FAST.

 

TELESKOP radio raksasa milik Tiongkok (Sferikal Apertur Lima Ratus Meter/FAST), yang pernah ditelantarkan, dikabarkan mendeteksi sinyal khusus yang dinamai fast radio bursts (FRB) 121102. Sinyal ini--kali pertama dideteksi pada 2012 di Arecibo Observatory di Puerto Rico--merupakan emisi gelombang radio yang sangat pendek, tapi sangat kuat.

Para astronom telah melakukan berbagai inovasi untuk mengetahui apa itu FRB. Namun, sampai saat ini mereka belum mengetahui secara jelas asal usulnya. Dalam kasus ini, FAST memindai bidang langit tempat FRB 121102 berasal dan mampu mendeteksi lebih dari 100 sinyal antara 30 Agustus dan beberapa hari pertama pada September. Jumlah semburan tersebut merupakan yang tertinggi sejauh ini untuk sumber ini, dengan 20 getaran diamati pada 3 September.

FRB 121102 merupakan 1 dari hanya 10 FRB yang dikenal dan yang pertama ditemukan. Fakta bahwa sinyal itu kali ini berulang memungkinkan astronom untuk menemukan asal usulnya. Mereka memperkirakan sinyal itu berasal dari galaksi kerdil berjarak 3 miliar tahun cahaya dari bumi, dan kemungkinan sumbernya ialah bintang neutron yang bergerak melalui medan magnet yang sangat kuat. Namun, bagaimana semburan ini diproduksi belum dapat diungkapkan. (Iflscience/Rkp/L-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More