Sabtu 05 Oktober 2019, 01:40 WIB

Polusi Plastik dalam Secangkir Teh

Dailymail/Rkp/L-2 | Humaniora
Polusi Plastik dalam Secangkir Teh

SHUTTERSTOCK
Mikroplastik bisa terdapat dalam secangkir teh yang Anda minum.

 

POLUSI mikroplastik dan nanoplastik ternyata tidak hanya ada di darat dan laut. Baru-baru ini para peneliti bahkan menemukan mikroplastik bisa terdapat dalam secangkir teh yang Anda minum.

Tim peneliti, insinyur kimia Laura Hernandez dan rekan-rekannya di Universitas McGill Kanada, melakukan riset dengan simulasi proses pembuatan teh dengan memanaskan kantong teh kosong dalam air pada suhu 95 derajat C selama 5 menit sebelum menganalisis kandungan air yang dihasilkan di bawah mikroskop elektron.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa kantong teh plastik dapat melepaskan miliaran fragmen kecil ke cairan ketika dibiarkan. Jumlahnya bahkan mencapai 11,6 miliar mikroplastik dan 3,1 miliar nanoplastik dalam satu cangkir minuman. Temuan ini menambah lokasi polutan mikroplastik dan nanoplatik yang dapat terdeteksi, termasuk di bahan makanan, lingkungan, dan kehidupan akuatik.

Meskipun dampak pasti pada manusia dari mencerna partikel mikro dan nanoplastik belum diketahui, para peneliti telah menemukan dampak mikroplastik pada organisme lain. Kutu air meskipun dapat bertahan menunjukkan perubahan perilaku dan anatomi.

Untuk mengetahui dampaknya pada manusia, para peneliti saat ini masih melakukan kajian lebih lanjut. (Dailymail/Rkp/L-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More