Jumat 04 Oktober 2019, 22:14 WIB

Aplikasi Media Sosial Video Hiburan Paling Diburu di Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
Aplikasi Media Sosial Video Hiburan Paling Diburu di Indonesia

Istimewa
Tik Tok dari Tiongkok yang juga dikenal dengan Douyin mendapat respons luar biasa di Indonesia.

 

APLIKASI jaringan media sosial video dengan flatform video musik terus berkembang. Terutama aplikasi yang para pemakainyanya diberi kesempatan membuat video musik sendiri. Salah satunya adalah Tik Tok dari Tiongkok yang juga dikenal dengan Douyin mendapat respons luar biasa di Indonesia.

Bahkan Tik Tok yang diluncurkan Zhang Yiming, pendiri Toutao, telah memasuki tahun kedua keberadaan di Indonesia.  Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia mengatakan bahwa TikTok sukses mencatatkan sederet prestasi.

 “Dalam beberapa minggu terakhir, TikTok berhasil menjadi aplikasi hiburan nomor  satu di App Store di Indonesia. Bahkan, 2018 lalu, TikTok menerima penghargaan dari Google Play sebagai ‘Aplikasi Paling Menghibur’ dan ‘Aplikasi Terbaik’,” kata Donny kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/10).

Baru-baru ini, TikTok merilis enam fakta yang biasa dilakukan pengguna di Indonesia pada platform TikTok. Sejatinya, menurut Donny,  fakta tersebut dapat dijadikan insight bagi para pemasar yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai kanal komunikasi brand mereka.

Kepada wartawan, Donny menuturkan fakta pertama, saat menggunakan TikTok, pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 29 menit untuk tidak hanya menonton, tetapi juga menciptakan, menemukan, berbagi video di platform tersebut.

“Artinya, pengguna di Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per hari,” ujarnya.

Fakta kedua, jelas Donny, pengguna di Indonesia menyukai video makanan, fesyen, dan komedi kendati sebenarnya TikTok menawarkan beragam jenis konten. “Semakin sering pengguna menonton konten kesukaannya, akan ada lebih banyak rekomendasi yang sudah dipersonalisasikan,” tuturnya.

Fakta ketiga, video yang disukai pengguna TikTok Indonesia adalah yang menawarkan beragam konten.

“Terbukti, dalam dua tahun terakhir ini, video terpopular di TikTok Indonesia adalah tentang cara membuat Risoles dari Yackikuka, yang menjadi terkenal dengan lebih dari 750 ribu likes,” jelas Donny.

Sementara video yang dibuat oleh seorang penata make-up bernama Anna Queen yang sedang menunjukkan makeup salah satu pelanggannya, meraih lebih dari 900 ribu likes.

Kerja sama dengan Kemenpora

Fakta keempat, orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan, tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut.

Menurut Donny, tantangan #EkspresiMerdeka yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) misalnya, berhasil mendapatkan 64,9 juta view. Sedangkan #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan sukses meraih 24,3 juta view.

Fakta kelima, orang Indonesia menyukai filter TikTok. Meskipun ada beberapa orang yang merasa menua itu mengerikan, pengguna di Indonesia sangat penasaran melihat diri mereka 10-20 tahun kemudian, seperti yang terbukti di filter ‘grown old’ yang menjadi filter paling digemari oleh pengguna TikTok di Indonesia.

“Selain filter menarik ini, filter lainnya yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia adalah ‘flower ring’ yang menjadikan wajah pengguna lebih cantik, dan bisa menambahkan hiasan bunga di kepalanya,” papar Donny. (OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More