Jumat 04 Oktober 2019, 16:43 WIB

UI Luncurkan Program Komunitas dan Kampus Sehat

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
UI Luncurkan Program Komunitas dan Kampus Sehat

MI/Bary Fathahilah
Rektor UI Muhammad Anis

 

MENINDAKLANJUTI arahan dari Kementerian Kesehatan dalam mengadakan Program Kampus Sehat, Universitas Indonesia (UI) meresmikan Komunitas dan Kampus Sehat di lingkungan kampus UI.

Kegiatan yang diharapkan dapat mengkampanyekan gaya hidup sehat serta menggiatkan Promosi Kesehatan dan Penyakit Tidak Menular itu pun di luncurkan pada Jumat (4/10) .

Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mengatakan, selain dari bagian upaya menindak lanjuti arahan dari Kementerian Kesehatan, program ini juga bertujuan agar UI dapat mencetak lulusan yang sehat baik jasmani maupun rohani.

"Tidak hanya mencetak mahasiswa yang unggul di bidang akademik, UI juga ingin menghasilkan lulusan yang sehat baik jasmani maupun rohani. Kampus UI yang didominasi oleh kelompok usia produktif ini, kami merasa sangat penting mengalakkan program prevention dan promotion kesehatan, khususnya penyakit tidak menular di komunitas, tempat kerja dan kampus," kata Anis, di Aula IMERI, UI Salemba, Jakarta, Jumat, (4/10).

Ia juga mengatakan, nantinya program ini dapat dijadikan sebagai wadah mengkampanyekan gaya hidup sehat di tengah-tengah mahasiswa dan sivitas akademika lainnya.

Baca juga: Jumlah Perokok di Bawah 18 tahun di Indonesia masih Tinggi

Ia memaparkan, program ini bertujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat. Salah satu caranya ialah dengan cara mengelola kantin sehat untuk menjamin nutrisi baik, dan menggalakan upaya monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang bagi mahasiswa, dosen, staf, maupun warga UI lainnya.  

"Diharapkan UI dapat menjadi Universitas percontohan sebagai Universitas Sehat untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul, ” jelasnya.

Hingga saat ini, untuk memfasilitasi program tersebut UI telah menyediakan sejumlah 20 Posbindu (Pos Binaan Terpadu) yang dilayani oleh 140 kader kesehatan yang tersebar di seluruh fakultas, program, sekolah serta kantor-kantor di UI Salemba maupun Depok.

Adapun, para kader Posbindu di UI merupakan para staf pengajar dan tenaga kependidikan UI yang telah dibekali pelatihan oleh Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI serta diperlengkapi dengan infokit dan alat-alat pemeriksaan kesehatan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (A-4)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More