Jumat 04 Oktober 2019, 12:59 WIB

Pasar Malam Sekaten Yogyakarta Dilaksanakan Dua Tahun Sekali

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Pasar Malam Sekaten Yogyakarta Dilaksanakan Dua Tahun Sekali

Antara
Sri Sultan HB X menegaskan pasar malam Sekaten diselenggarakan dua tahun sekali.

 

GUBERNUR DIY, Sri Sultan HB X, dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menegaskan, pasar malam Sekaten di Yogyakarta tidak dihilangkan. Pelaksanaannya diadakan dua tahun sekali, setiap tahun genap.

"Pasar malamnya itu dua tahun sekali sesuai kesepakatan dengan (Pemerintah) Kota Yogyakarta," kata Sultan di Komplek Kepatihan, DIY, Jumat (4/10).

Menurut dia, pelaksanaan pasar malam sekaten dianggarkan oleh Pemkot Yogyakarta. Hal senada juga disampaikan oleh Haryadi Suyuti. Pelaksanaan pasar malam Sekaten akan dilaksanakan rutin pada tahun genap yakni tahun depan.Tahun  ini tidak diadakan pasar malam Sekaten karena memang tidak dianggarkan.

Ia mengatakan, biasanya anggaran pelaksanaan pasar malam Sekaten berkisar Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar. Setelah anggaran itu ada, pihaknya baru mengajukan surat peminjaman tempat di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta untuk pasar malam.

baca juga: Lebih 6.000 Rumah Rusak Teridentifikasi Pascagempa Maluku M 6,5

"Sekaten tetap diadakan terus. Dalam perayaan Sekaten ada aspek religinya, budaya, dan ekonominya," kata dia.

Khusus pasar malam, sebagai kegiatan  ikutan dari perayaan Sekaten akan dikaji dan diperbaiki kontainnya dan dilaksanakan dua tahun sekali. Sebelumnya menantu Sri Sultan Hamengku Buwono X, KPH Notonegoro didampingi putri Sri Sultan, GKR Bendara,  menegaskan, peniadaan pasar malam Sekaten  merupakan perintah dari Sri Sultan Hamengku Buwono X atau dhawuh dalem. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More