Jumat 04 Oktober 2019, 10:31 WIB

Produce X 101 dan Idol School Diduga Memanipulasi Pemilihan

Siswantini Suryandari | Hiburan
Produce X 101 dan Idol School Diduga Memanipulasi Pemilihan

Soompi
Grup idola K-Pop X1 merupakan jebolan dari acara pencari bakat Produce X 101 yang kini sedang tersandung skandal kecurangan.

 

PROGRAM pencarian bakat Produce X 101 dan Idol School dicurigai telah memanipulasi data. Saat ini Kepolisian Seoul tengah melakukan penyelidikan mendalam adanya dugaan manipulasi pemilihan calon idola K-Pop yang ditayangkan di televisi Mnet.

MBC News dalam tayangan 3 Oktober 2019 melaporkan bahwa para peserta Produce X 101 dan Idol School telah mengetahui lagu dan tarian yang akan mereka bawakan. Para peserta yang akan terpilih pun sudah mengetahui sebelumnya. Sehingga pemilihan idola melalui pemungutan suara yang melibatkan para penonton baik di studio maupun pemirsa televisi hanyalah sebuah manipulasi. Sebab panitia sudah mengetahui siapa para pemenangnya.

MBC News mewawancarai peserta Produce X 101 secara anonim mengatakan bahwa selama mengikuti acara tersebut, penyelenggara hanya mewawancarai beberapa orang dari 100 orang yang harusnya diseleksi. Kemudian di antara mereka yang diwawancara sudah tahu lagu dan tarian yang akan dibawakan.

Dia menyatakan bahwa beberapa kontestan sudah tahu lagu misi karena salah satu peserta pelatihan telah berbagi informasi.

"Kami bertanya kepada teman (kontestan) tentang hal itu dan teman itu mengatakan bahwa guru tarinya telah memberitahunya," kata peserta pelatihan.

Kepala agensi hiburan juga mengatakan bahwa sudah merupakan praktik terbuka bagi tim produksi untuk memilih siapa yang mereka sukai (dikenal di kalangan pemirsa sebagai "PD pick").

"Saya mendengar orang mengatakan hal-hal seperti itu. Sepertinya beberapa agensi sudah mengetahui daftar. Dan sepertinya orang sudah menyadarinya," terang kontestan Produce X 101.

Kontestan lain dari acara Idol School mengungkapkan peserta pelatihan baru bisa lolos setelah melalui putaran pertama audisi. Namun banyak peserta kontestan telah lolos masuk Idol School tanpa melakukan audisi.

"Ketika kami melakukan audisi, kami bersama 3.000 pelamar lainnya. Dari 40 orang yang terpilih, hanya empat orang yang mengikuti audisi," ungkapnya.

Noh Woong Rae, seorang anggota majelis dan ketua Komite Sains, TIK, Penyiaran, dan Komunikasi, mengatakan kepada MBC News bahwa CJ ENM bertanggung jawab sebagai perusahaan siaran yang menyelenggarakan acara tersebut.

"Orang yang bertanggung jawab harus menghadiri inspeksi Majelis Nasional dan jelaskan kepada bangsa tentang manipulasi program ini," tegasnya.

MBC melaporkan bahwa polisi saat ini sedang menyelidiki apakah ada kesepakatan bisnis yang tidak adil dengan yang lain seperti agensi hiburan sembari memilih para kontestan dan memanipulasi peringkat untuk program audisi Mnet.

baca juga: Dua Lagunya Populer, Billie Eilish Terkejut

X1 adalah grup idola K-Pop jebolan Produce X 101 tahun ini yang baru selesai membuat album perdana berjudul Quantum Leap. Bahkan 11 penyanyi yang tergabung dalam X1 siap melakukan tur keliling Asia. Dengan terungkapnya skandal ini, belum ada kabar apakah X1 jadi melakukan tur. (Soompi/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More