Jumat 04 Oktober 2019, 09:44 WIB

DPRA: 5 Warga Aceh masih Tertahan di Wamena

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
DPRA: 5 Warga Aceh masih Tertahan di Wamena

Antara
Ribuan orang keluar dari Wamena dengan menumpang pesawat hercules TNI atau kapal laut karena alasan keamanan.

 

DEWAN Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh terus memantau perkembangan kerusuhan di Wamena, Papua. Pasalnya, masih ada warga Aceh yang tertahan dan mengungsi sementara di rumah warga setempat berdekatan dengan Polres Jayawijaya. Anggota DPR Aceh, Iskandar Usman Al Farlaky mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan anggota DPR Papua dan Dandim Wamena untuk proses evakuasi warga Aceh yang masih berada di Papua.

"Ke Wamena mereka mengungsi di rumah temannya di dekat Polres Jayawijaya. Mereka sekarang ingin keluar dari Papua," kata Iskandar kepada Media Indonesia, Jumat (4/10).

Iskandar menjelaskan, saat ini ada 12 warga Aceh yang dikonfirmasi berada di Papua. Mereka berdagang dan telah lama menetap di bumi cenderawasih tersebut

"Mereka berdagang baik kuliner maupun pakaian. Mereka telah menetap selama 5 hingga 30 tahun di sana. Sejak kerusuhan mereka tidak bisa lagi berdagang," sebutnya.

Dari 12 warga itu sebagian telah berhasil menuju ke Jayapura, Sentani, Makassar, dan Probolinggo. Tersisa 5 warga yang masih belum bisa keluar dari Papua.

Warga Aceh yang diketahui merantau ke Papua yakni Abdul Muthalib, Aiyub, dan Zack asal Aceh Timur Rosnawati, Cut Wahyuni, Nurhayati, Fadlan, Aisyah, Ayla, Tgk Ramadin dan Faisal asal Aceh Selatan, dan Sinar asal Aceh Tengah.

"Lima orang atas nama Abdul Muthalib, Aiyub, Tgk Ramadin, Faisal, dan Sinar masih berada di Wamena," lanjutnya

Anggota fraksi Partai Aceh itu menjelaskan warga Aceh yang ada di sana masih trauma dan ketakutan dengan sejumlah peristiwa yang terjadi belakangan ini.

"Mereka melaporkan kepada kami sangat takut dan trauma atas berbagai insiden yang terjadi di Wamena terakhir ini," paparnya.

baca juga: Inilah Alasan Keraton Yogya Meniadakan Pasar Malam Sekaten

Diketahui untuk membantu pemulangan warga Aceh dari Jayapura maupun Wamena, Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh sudah mengirim tim ke Papua. Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau mengatakan, pihaknya akan fokus melakukan penanganan terhadap korban dan pengungsi di beberapa wilayah yang berdampak dari rangkaian kericuhan di Wamena Papua. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More