Jumat 04 Oktober 2019, 08:00 WIB

Rikard Bagun Dilantik Jadi Anggota Dewan Pengarah BPIP

M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
Rikard Bagun Dilantik Jadi Anggota Dewan Pengarah BPIP

MI/MOHAMAD IRFAN
Anggota Dewan Pengarah BPIP, Rikard Bagun

 

KETUA Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Negara (BPIP), Megawati Soekarnoputri melantik dan mengambil sumpah Rikard Bagun, jurnalis senior sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP di gedung BPIP, Jakarta, Kamis (3/10).

Pelantikan Rikard sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP berdasarkan Surat Keputusan Presiden dan sudah melaksanakan tugasnya beberapa waktu sebelum pelantikan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Jumat (4/10) Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Aris Heru Utomo menyebutkan, Megawati Soekarnoputri mengingatkan pentingnya penghayatan ideologi Pancasila.

"Sebagai Badan di struktur pemerintahan, BPIP memiliki tanggungjawab yang berat untuk kembali menghidupkan Pancasila, bukan hanya dihapalkan tapi dilaksanakan keseluruhannya," ujar Heru.

Budaya gotong royong yang identik dengan budaya masyarakat Indonesia sejak dulu, lanjut dia, harus terus dilestarikan dan dihidupkan.

"Kalau ada kesulitan jangan disembunyikan. Kalau ada hal-hal yang sulit tolong dikatakan. Selalu bersama dan bergotong royong," sambung Heru.

Selain itu, dipastikan pula pemilihan Dewan Pengarah oleh Presiden dilakukan dengan pertimbangan matang. Mereka yang dipilih merupakan tokoh nasional.

Oleh karenanya, Dewan Pengarah harus mempertahankan hal itu dan tidak tergoda sekali pun untuk memecah belah bangsa Indonesia.

"Jika hati nuraninya tidak mengikuti Pancasila, berharap agar segera mengundurkan diri," tukasnya.

Dengan dilantiknya Rikard, maka keanggotaan Dewan Pengarah BPIP kembali berjumlah sembilan orang yakni Megawati Soekrnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah, Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua, Wisnu Bawa Tenaya sebagai Sekretaris Dewan Pengarah.

Sementara anggota Dewan Pengarah BPIP diduduki oleh Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe dan Rikard Bagun.

baca juga: Bamsoet Apresiasi Tradisi Musyawarah Mufakat MPR

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Maruf Amin juga tercatat sebagai anggota Dewan Pengarah, namun karena mencalonkan diri sebagai calon Wakil Presiden RI mendampingi Presiden terpilih Joko Widodo untuk periode 2019-2024, maka Maruf Amin tidak lagi menjadi anggota Dewan Pengarah BPIP. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More