Jumat 04 Oktober 2019, 06:50 WIB

Marital Rape Jadi Kontroversi di RUU PKS

(Rif/H-1) | Humaniora
Marital Rape Jadi Kontroversi di RUU PKS

MI/ARYA MANGGALA
Ketua Harian Yayasan Kesehatan Perempuan Zumrotin Kasru Susilo

 

KLASUL pemerkosaan dalam rumah tangga di RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) masih perlu dibahas dan diharapkan terbuka untuk diperdebatkan. Demikian dikemukakan aktivis perempuan yang juga Ketua Harian Yayasan Kesehatan Perempuan Zumrotin Kasru Susilo di Jakarta, kemarin.

"Yang terpenting undang-undang (PKS) tersebut sangat penting untuk meminimalkan tindak kekerasan seksual khususnya bagi perempuan dan anak-anak," ujarnya.

Diakui, salah satu yang menjadi perhatian masyarakat yakni perihal pemerkosaan dalam rumah tangga (marital rape). Maraknya kasus pembunuhan istri yang dilakukan suami akibat istri tidak mau melayani suami menjadi perhatian khusus.

Seharusnya, cetus Zumrotin, sebagai pasangan melihat kondisi masing-masing. Ada nilai di masyarakat bahwa bagi laki-laki, yang tidak setuju, mereka menganggap hak dia untuk dilayani. Namun, ada juga perempuan yang tidak setuju karena menganggap bahwa ini kewajiban melayani suami. Meskipun Zumrotin tegas mendukung RUU PKS segera disahkan, dia juga mempersilakan DPR membuka dialog lebih dalam lagi dengan masyarakat.(Rif/H-1)

Baca Juga

Dok.MI

Penanganan Kanker Paru-Paru saat Pandemi

👤(Ata/H-2) 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 02:10 WIB
DOKTER Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dari RSUP Persahabatan Sita Laksmi Andriani mengungkapkan perbedaan signifikan antara...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Diabetesi Wajib Monitor Gula Darah

👤(Ata/H-2) 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 02:00 WIB
ORANG-ORANG dengan riwayat penyakit kronis (komorbid) memiliki risiko terkena komplikasi serius...
Ilustrasi-Freepik

Gonore Sulit Terdeteksi Berbahaya untuk Ibu Hamil

👤 (Ifa/H-2) 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 01:55 WIB
PENYAKIT infeksi menular seksual (IMS) Gonore (GO) atau dikenal juga dengan istilah pilek pada alat kelamin, berbahaya jika tidak segera...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya