Kamis 03 Oktober 2019, 18:53 WIB

Polisi Tegaskan Situasi di Wamena Berjalan Normal

Tri Subarkah | Nusantara
Polisi Tegaskan Situasi di Wamena Berjalan Normal

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI
Kabagpenum Mabes Polri Asep Adi Saputra

 

KEGIATAN sosial dan ekonomi di Wamena sudah berjalan dengan normal. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra di hadapan wartawan, Kamis (3/10).

"Ini ditandai roda perekonomian di sana (Wamena), dari saudara-saudara di luar Papua yang juga berdomisili di sana sudah melakukan aktivitas perekonomian," ujar Asep.

Lebih lanjut Asep menyebut bahwa masyarakat yang berasal dari luar Papua di Wamena, terus melakukan kegiatan perekonomian.

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan TNI dan jajaran terkait untuk melakukan upaya pemulihan keamanan. Hal ini guna menjaga roda perputaran ekonomi. Selain itu, upaya penegakan hukum juga terus diupayakan.

"Saat ini Informasi yang masih kita pedomani adalah tujuh tersangka yang diduga sebagai pelaku aksi kerusuhan di Wamena tersebut sudah ditetapkan proses penahanannya dan terus dikembangkan," paparnya.

Meskipun upaya pemulihan keamanan terus dilakukan, satu hal yang menjadi perhatian saat ini adalah kewaspadaan. Hal ini sebagai bentuk pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Karena kita masih menduga ada kelompok tertentu yang terus ingin mengacaukan situasi di Papua. Oleh karenanya, pihak keamanan dalam hal ini TNI dan Polri terus mengupayakan bagaimana pemulihan keamanan ini lebih kepada melindungi masyarakat yang berada di Papua, dan tetap unsur kewaspadaan untuk menghindari upaya-upaya yang nanti akan membuat kekacauan," jelas Asep.

Ia juga menegaskan bahwa pada dasarnya, hubungan antara masyarakat asli Papua dan pendatang terjalin dengan baik. "Perisitwa mengenaskan ini akibat berita hoaks yang menjadikan Wamena seperti kemarin. Upaya penegakan hukum yang terus kita jalankan supaya hal ini tidak terjadi kembali." (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More