Kamis 03 Oktober 2019, 13:33 WIB

Setiap Hari 5 Orang Bunuh Diri Di Indonesia

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Setiap Hari 5 Orang Bunuh Diri Di Indonesia

Antara
Pasien rumah sakit jiwa mengisi waktu dengan belajar membatik.

 

DIREKTUR Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menyebutkan setidaknya ada lima orang di Indonesia bunuh diri setiap harinya berdasarkan data pada 2016. Hal itu disampaikan Anung saat membuka Pekan olah raga kesenian Rehabilitasi Mental (Poskesremen) dan Jambore Kesehatan Jiwa Ke-7 di Stadion Bina Satria Sungailiat Bangka, Kamis (3/10).

"Di dunia angka bunuh diri meningkat. Sedangkan di Indonesia, data tahun 2016 ada 5 orang bunuh diri setiap harinya," kata Anung.

Menurutnya perlu ada pencegahan agar kasus bunuh diri tidak mengalami peningkatan. Hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama termaksut keluarga.

"Kasus bunuh diri akibat gangguan jiwa ini dapat dicegah dengan melibat berbagai pihak. Khususnya keluarga sebagai orang terdekat," ujarnya.

Selain itu, ia berharap dengan kegiatan Poskesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa Ke-7 ini dapat membantu mencegah orang bunuh diri.

baca juga: Situasi Kondusif, Ekonomi Wamena Mulai Bangkit

Sementara, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan kegiatan ini sangat berdampak positif untuk para peserta.

"Semoga kegiatan ini memberikan dampat positif baik bagi Babel maupun bagi 500 lebih peserta dari 32 RS Jiwa di Indoensia," kata Erzaldi.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More