Kamis 03 Oktober 2019, 10:54 WIB

Pembangunan Balkondes Bisa Dongkrak Perekonomian

Lilik Darmawan | Nusantara
Pembangunan Balkondes Bisa Dongkrak Perekonomian

MI/Liilik Darmawan
Pelaksanaan groundbreaking Balkondes di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (2/10).

 

KEBERADAAN Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang nantinya berupa enam rumah pohon yang dilengkapi dengan ruang workshop dan pameran bakal menyejahterakan warga sekitar kawasan wisata Gua Lawa Purbalingga (Golaga) yang berlokasi di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.  

Sebab, dengan adanya Balkondes akan mendorong sektor pariwisata yang efek dominonya bakal dirasakan oleh warga.

"Jadi, pembangunan Balkondes di Kawasan Golaga nantinya berupa rumah pohon dengan arsitektur berbentuk nanas. Bangunan akan dilengkapi dengan tempat workshop dan ruang pameran. Dengan adanya pembangunan Balkondes, maka jelas akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi konsep Balkondes ini adalah pelibatan BUMN, BUMD dan masyarakat sekitar. Nantinya, pemerintah desa atau Pokdarwis juga bisa menawarkan paket wisata yang disinergikan dengan Golaga," kata Manajer Golaga Bambang Adi kepada Media Indonesia pada Kamis (3/10).

Sebelumnya pada Rabu (2/10) petang, Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Balkondes di kawasan Golaga. Ia berharap, pembangunan Balkondes bakal rampung pada Mei 2020.

"Jadi, saya ingin, pembangunan Balkondes di sini selesai pada Mei 2020. Perampungan pembangunan Balkondes diharapkan berbarengan dengan selesainya Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman yang kini juga tengah dikebut pembangunannya," jelas Rini.

Menurutnya, dengan adanya Balkondes, maka diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Ia mengatakan bahwa pembangunan 20 Balkondes di kawasan wisata Borobudur dengan membangun homestay, ternyata sukses. Perekonomian warga di sekitar Borobudur jadi bisa terangkat.

"Dengan pengalaman itu, tentu kami berharap di sini juga demikian. Balkondes juga diharapkan bakal meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Golaga serta meningkatkan perekonomian desa," katanya.

Ia mengatakan kalau pembangunan Balondes di Golaga melibatkan sejunlah BUMN yakni PT Angkasa Pura (AP) I yang bersinergi dengan AP II, kemudian Perusahaan Gas Negara (PGN), PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company. Sebagai  penanggung jawabnya adalah PT AP I. Nilai CSR secara keseluruhan yang digunakan sebagai bantuan pembangunan Balkondes senilai RRp3,5 miliar.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi mengatakan alokasi anggaran Rp3,5 miliar tersebut untuk memperkuat sarana peniunkang wisata berupa homestay yang berbentuk rumah pohon di kawasan Golaga.

baca juga: Tim Satgas Karhutla Riau Patroli Antisipasi Kebakaran Susulan

"Dengan adanya rumah pohon, diharapkan akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta membantu meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

Faik mengatakan kalau homestay yang berada di Golaga bentuknya unik, karena merupakan treehouse. Ada enam unit homestay berbentuk nanas, satu unit family homestay dan public building seperti cafe, workshop, skybridge, pedestrian akses, amphiteater dan lainnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More