Kamis 03 Oktober 2019, 09:36 WIB

Rapat DPRD DKI Sering Telat, Warga Rugi Rp40 Juta Per Jam

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Rapat DPRD DKI Sering Telat, Warga Rugi Rp40 Juta Per Jam

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 mengucap sumpah jabatan saat pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Anthony Winza mengutarakan kekesalannya pada rapat pembahasan persiapan paripurna terkait pelantikan pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta, Senin (30/9).

Menurutnya, rapat yang harusnya berjalan pukul 13.00 WIB harus molor hingga pukul 14.00 WIB karena keterlambatan seorang pimpinan rapat sekaligus ketua definitif DPRD DKI sementara, Pantas Nainggolan.

"Hal tersebut dapat berdampak pada kerugian rakyat, sekitar 500 juta per 8 jam sehari, kurang lebih Rp40 juta per jamnya. Sangat disayangkan jika uang rakyat dihamburkan untuk tiap keterlambatan dalam rapat maupun keputusan,” kata Anthony dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (3/10).

Ia menyayangkan kondisi tersebut dan menganggap raykat telah menderita kerugian besar akibat perilaku anggota dewan yang sering terlambat.

Baca juga: PDIP Tunjuk Kembali Prasetyo Edi Jadi Ketua DPRD DKI

Kekesalannya tersebut ia ungkapkan dengan mengalkulasikan secara rinci total kerugian dari uang rakyat yang telah dikeluarkan untuk membiayai gaji 106 anggota DPRD DKI Jakarta.

Rapat itu digelar dengan agenda persiapan paripurna terkait pelantikan pimpinan definitif DPRD DKI.

Pembahasan ini bermuara dari persoalan dua partai yang belum memberikan nama untuk mengisi pimpinan definitif hingga memasuki awal Oktober ini.

Wakil definitif DPRD DKI sementara M Syarif berpandangan hal itu berpotensi menghambat pembahasan APBD 2020, penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD), dan pembahasan calon Wakil Gubernur.

Selaras dengan Syarif, Ketua Fraksi PSI Idris Ahmad menilai keterlambatan dalam penyerahan nama-nama calon pimpinan definitif ini membuat kinerja dewan terhambat dan tidak efektif. Ia juga mendorong agar pelantikan dapat segera terlaksana di awal bulan ini.

Rapat berakhir melalui keputusan bersama dengan memberikan tengat waktu untuk mengumumkan nama-nama calon pimpinan definitif pada hari ini. (OL-2)

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Pembukaan Sekolah di Jakarta Tergantung Perkembangan Kasus

👤Putri Anisa Yuliani/Hilda Julaika 🕔Selasa 24 November 2020, 21:06 WIB
DKI menyebut berbagai persiapan dari sisi ketentuan prasarana dan sarananya sedang...
AFP

Kasus Baru Positif Korona di Jakarta Bertambah 1.015 Orang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 24 November 2020, 21:00 WIB
Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta turun sebanyak 63 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 8.559...
Antara/Akbar Nugroho

DPRD DKI Prediksi Ekonomi Jakarta Membaik di 2021

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 24 November 2020, 20:43 WIB
Bangkitnya sektor pariwisata bisa meningkatkan pertumbuhan pajak hotel dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya