Kamis 03 Oktober 2019, 02:05 WIB

Debut Djokovic Berjalan Mulus

Despian Nurhidayat | Olahraga
Debut Djokovic Berjalan Mulus

AFP
Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic

PETENIS nomor satu dunia Novak Djokovic berhasil menembus perempat final Jepang Terbuka 2019. Pria asal Serbia itu lolos dari babak kedua yang berlangsung kemarin setelah mengalahkan petenis tuan rumah Go Soeda dengan skor 6-3 dan 7-5. Soeda merupakan salah satu peserta yang bisa bermain di hadapan publiknya sendiri dengan fasilitas wild card.

"Dia membuat saya kerja keras agar bisa menang," kata Djokovic mengomentari pertandingan melawan Soeda.

"Saya bermain dengan sangat bagus. Saya agresif dan bisa menunjukkannya saat memang waktunya," sambung dia.

Menurut Djokovic, pola permainan yang dia tampilkan ketika melawan Soeda berbeda dengan yang dia suguhkan di babak pertama. Petenis Australia Alexei Popyrin yang dia hadapi pada Selasa (1/10) tidak mampu memberi perlawanan yang berarti. Itu bisa dilihat dari hasil pertandingan yang berakhir 6-4 dan 6-2.

"Berarti permainan ini sudah sesuai jalur, itu pasti," kata dia.

Di babak selanjutnya yang berlangsung hari ini, Djokovic ditantang petenis unggulan kelima dari Prancis, Lucas Pouille. Djokovic sejauh ini sudah pernah menang dua kali dari Pouille yang kini menempati peringkat 24 dunia. Terakhir Djokovic dan Pouille berjumpa di Cincinnati Masters pada Agustus kemarin.

Seandainya menang dari Pouille, peluang Djokovic untuk menjadi juara di debutnya dalam sebuah turnamen semakin besar. Jepang Terbuka seperti diketahui menjadi sebuah turnamen ke-10 bagi Djokovic yang untuk pertama kalinya diikuti.

 

Perjuangan Andy Murray

Di tempat lain, ada Andy Murray yang berhasil mencapai perempat final Tiongkok Terbuka. Mantan petenis nomor satu dunia itu mengalahkan sesama petenis Inggris Cameron Norrie 7-6 (8/6), 6-7 (4/7), dan 6-1 dalam waktu hampir 3 jam. Hasil tersebut membuat dia untuk pertama kalinya memasuki perempat final pertamanya dalam setahun terakhir.

Murray yang kini berusia 32 tahun kembali ke dunia tenis setelah menjalani operasi yang menyelamatkan kariernya pada Januari. Juara grand slam tiga kali itu mengatakan tak lagi merasa sakit di pinggul dan sekarang penting meningkatkan kebugaran.

"Ini langkah yang bagus untuk saya. Senang bisa menang. Tapi apakah saya menang atau tidak, saya bisa kembali menjalani hari dan bisa kompetitif dan bermain tenis," kata Murray.

Dia menambahkan kemenangan yang dia dapat ialah karena dirinya bisa mengganti strategi ketika merasa terdesak.

"Hal terbaik dari tenis ialah kita bisa ganti strategi dan taktik. Jika melihat akhir dari set kedua, seluruh set ketiga, permainan saya monoton. Kemudian saya memutuskan untuk main net," kata dia.

Lawan Murray di perempat final hingga berita ini diturunkan belum diketahui. Mereka yang sedang menunggu giliran untuk menjadi lawan Murray ialah unggulan teratas asal Austria Dominic Thiem atau petenis Tiongkok Zhang Zhizhen.

Di kategori putri, unggulan nomor satu asal Australia Ashleigh Barty juga masuk perempat final. (ATP/Ant/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More