Kamis 03 Oktober 2019, 01:00 WIB

Rieke Diah Pitaloka Industri Batik Serap Tenaga Kerja

MI | Hiburan
Rieke Diah Pitaloka Industri Batik Serap Tenaga Kerja

ANTARA
Aktris sekaligus anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka

 

AKTRIS sekaligus anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka, 45, mengatakan batik merupakan salah satu bagian dari identitas Indonesia. Untuk itu, menurut dia, masyarakat harus terus memperjuangkan agar industri batik Tanah Air, terutama batik tulis tetap moncer.

"Yang (batik) tulis harus kita pertahankan karena di situ memiliki nilai dan karya yang beda dari (batik) print, tetapi yang print juga tidak ada salahnya. Namun, harus dipastikan bahwa industri batik print itu juga industri nasional bukan sekadar corak batik," ujar Rieke saat ditemui Media Indonesia di Kantor DPR RI, Selasa (1/10).

Sebagai anggota DPR terpilih, Rieke pun berharap batik menjadi salah satu industri primer di Indonesia sebab selain memiliki pasar yang besar, bahan baku batik juga mudah didapatkan di Tanah Air.

"Ada kain, benang, pewarna, juga pembatiknya. Kalau industri ini besar, akan menyerap banyak tenaga kerja," tandasnya.

Rieke yang diusung PDIP terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II. Ia mengantongi 169.729 suara dari daerah pemilihan yang sama, Jawa Barat VII. (Aiw/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More