Rabu 02 Oktober 2019, 17:30 WIB

Tokoh Papua: Pancasila Perekat Persatuan

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Tokoh Papua: Pancasila Perekat Persatuan

Dok.MI/MARCELINUS KELEN
Tokoh Papua Ramses Ohee (kiri).

 

TOKOH Papua Ramses Ohee menilai Pancasila telah mempersatukan Indonesia. Ia berharap semua pihak bersedia menjaga Pancasila yang menjadi perekat persatuan dan pandangan hidup bangsa.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia, hari ini Indonesia ditakuti dan disegani dunia karena Pancasila. Karena itu mari kita jaga Pancasila," kata Ramses di sela-sela acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Tokoh Agama dan Adat bertajuk Jaga Bhineka Tunggal Ika, Siap Bela Negara, Indonesia Rumah Kita, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut dia, Papua bak wanita cantik yang telah berkontribusi bagi Indonesia dan dunia. Insiden yang terjadi di Papua pun diakuinya timbul lantaran di sana belum terwujud keadilan melalui Pancasila.

"Tapi hari ini tidak ada kesejahteraan. Maka saya mewakili rakyat Papua, bila Pancasila utuh maka Indonesia utuh. Saya minta seluruh pejabat, menteri yang akan dilantik maka tegakkan lah keadilan di Papua, maka Papua bagian dari NKRI harga mati," kata dia.

Baca juga: Kapolda Papua Kunjungi Pengungsi Wamena di Sentani

Senada disampaikan Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya. Menurutnya, seluruh rakyat di negeri ini sudah saatnya bicara tentang sila ketiga dan sila kelima Pancasila.

Sebagai anak bangsa, imbuhnya, jika Papua luka maka Indonesia juga luka. Artinya, tidak boleh ada perbedaan warna kulit dan agama dalam menjaga keutuhan rumah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sekarang kita lawan kemiskinan bukan lawan fisik. Mari kita lihat rumah Indonesia ini. Saya berharap ada menteri adat supaya bisa mengurus orang-orang adat," tandasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More