Rabu 02 Oktober 2019, 15:34 WIB

Menkeu : Jajaran Bea Cukai harus Terus Fokus pada Perbaikan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menkeu : Jajaran Bea Cukai harus Terus Fokus pada Perbaikan

Istimewa/Bea Cukai
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati memimpin apel luar biasa peringatan hari Bea Cukai ke-73, di Kantor Pusat Bea Cukai, Selasa (02/10). Peringatan kali ini mengusung tema 'Menuju Insan yang cakap, sehat, dan berintegritas untuk Bea Cukai yang makin baik'.

Dalam amanatnya Sri Mulyani mengungkapkan bahwa seluruh jajaran Bea Cukai harus terus fokus pada perbaikan di bidang organisasi, perbaikan kualitas teknologi informasi basis data, dan sumber daya manusia.

Menkeu mengungkapkan bahwa tugas Bea Cukai tidaklah ringan.

“Untuk melaksanakan tugas yang tidak ringan tersebut dibutuhkan the “new” Bea Cukai. Institusi yang lebih terbuka dalam berkolaborasi dengan unit dan Kementerian lainnya," kata Sri Mulyani.

"Proses re-engineering organisasi diperlukan dengan pembentukan unit yang yang khusus untuk melakukan pengawasan dan penindakan terhadap peredaran dan penyelundupan narkotika," paparnya.

"Penguatan sinergi eksternal dengan instasi lain juga dibutuhkan untuk menekan tingkat penyelundupan narkotika dan obat terlarang. Namun tidak hanya itu, kolaborasi juga diperlukan untuk menciptakan kebijakan perdagangan ekspor impor melalui e-commerce,” ungkap Menkeu.

Bea Cukai juga diminta untuk secara kontinyu melakukan perbaikan atas tata kelola data dan teknologi informasi.

"Saat ini Kementerian Keuangan memiliki banyak data yang berasal dari internal maupun eksternal. Oleh karena itu tantangan yang harus diselesaikan oleh Bea Cukai adalah bagaimana mengelola dan memanfaatkannya dengan baik, dan mewujudkannya dalam bentuk penerimaan,” ungkap Menkeu.

Menkeu juga mengungkapkan bahwa hal yang tidak kalah pentingnya adalah penataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Bea Cukai.

Kebijakan di bidang SDM harus mampu membentuk pegawai yang berkinerja prima, mempunyai passion dan motivasi tinggi terhadap pencapaian visi organisasi, kompetitif menghadapi tantangan pekerjaan, kompeten terhadap bidang tugas yang menjadi tanggung jawabnya, serta konsisten menjaga integritas.

Dalam kesempatan tersebut Menkeu juga memberikan penghargaan kepada para pegawai Bea Cukai yang memiliki prestasi dan dedikasi yang luar biasa kepada Bea Cukai.

“Saya meyakini bahwa penerima penghargaan hari ini tidak mendapatkan sesuatu dengan kerja yang instan, melainkan dari proses panjang yang menjadi karakter kebaikan, dan akhirnya menjadi ukiran prestasi. Dedikasi yang membutuhkan endurance yang tinggi yang dihasilkan dari mekanisme keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi,” ungkap Menkeu.

Dalam akhir amanatnya Menkeu menyampaikan kepada seluruh jajaran Bea Cukai untuk mencintai negeri ini dengan sepenuh hati.

Mmari cintai negeri ini sepenuh hati, jaga republik ini dengan segenap jiwa dan raga. Selalu jaga persatuan dan api nasionalisme yang menjunjung tinggi kebhinekaan, Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945. Jaga semangat nilai Kementerian Keuangan yang selama ini dimiliki sebagai sebuah budaya organisasi,” pungkas Menkeu. (OL-09)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Mentan SYL: Ketahanan Pangan Kunci Gerakkan Ekonomi

👤Reza Sunarya 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:25 WIB
SEKTOR pertanian menjadi solusi nyata terhadap dampak yang diakibatkan pandemi covid 19, terutama dengan melemahnya ekonomi...
DOK KEMENTAN

Wagub: Siap Dukung Mentan Jadikan Jabar Penyangga Pangan Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 20:15 WIB
Wagub yang sering dipanggil Kang Uu mengatakan bahwa dalam meningkatkan ekonomi, masyarakat dapat melakukannya lewat pertanian. Karena itu...
DOK KEMENTAN

Komisi IV Dukung Perbaikan Irigasi Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 19:21 WIB
Dedi mengatakan, pemerintah saat ini sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp18,44 triliun untuk program padat karya yang diselenggarakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya