Rabu 02 Oktober 2019, 08:30 WIB

Menilik Aspek Teknik Toyota GR Supra

Nurtjahyadi | Otomotif
Menilik Aspek Teknik Toyota GR Supra

Dok TAM
GR Supra

GR Supra adalah generasi kelima dari legenda sportcar Toyota Supra yang generasi pertamanya diluncurkan pada 1978.

Nama GR sendiri berasal dari GAZOO Razing yang merupakan bagian dari Toyota Motor Corporation (TMC) yang bertugas membuat mobil Toyota yang lebih emosional dan menyenangkan.

Kendaraan ini dikembangkan melalui serangkaian uji coba di sirkuit dan jalan raya untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

GR Supra dirancang agar setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan (Supreme Fun to Drive) dan dapat membuat koneksi yang kuat dengan pengemudinya, serta menghasilkan drivability yang kuat.

Baca juga: TAM Umumkan Harga Resmi Toyota GR Supra

Untuk itu, gardan GR Supra dilengkapi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elekronik sehingga mobil ini bisa meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

Para engineer tetap mempertahankan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000 cc Turbo 6 silinder segaris. Mesin mobil bertransmisi 8-speed Sport Automatic ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS pada 5.000-6.500 rpm dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

Sebagai sportcar sejati, GR Supra mengusung tiga elemen penting sebagai kunci stabilitas kendaraaan yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity).

Agar ketiga elemen tersebut tercapai para engineer memangkas wheelbase menjadi 2.470 mm, menurunkan pusat gravitasi, dan membuat distribusi berat kendaraan menjadi 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Alhasil GR Supra tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

Sebagai pendukung, GR Supra dilengkapi dengan suspensi berteknologi AVS (adaptive variable suspension) yang dapat mengontrol respon mobil terhadap permukaan jalan secara otomatis, atau sesuai mode berkendara 'Normal' atau 'Sport' yang dipilih oleh pengemudi.

Tidak hanya sampai di situ, para engineer juga melakukan improvement pada beberapa titik bagian eksterior agar lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya.

Bagian atap dibuat double bubble untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang berbentuk duck-tail untuk menambah down force dan memberikan kesan kuat serta sporty.

Bagian interiornya dirancang untuk memberikan kesan alami sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat mengendarainya. Selain itu, tampilan meter-cluster yang semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan.

Perjalanan dibuat semakin nyaman dengan hadirnya sistem multimedia berlayar 8,8 inci dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speaker yang menghasilkan suara jernih.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa kehadiran Toyota GR Supra selaras dengan kebutuhan konsumen di Indonesia yang kian dinamis.

Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, namun juga pada aspek emosional, salah satunya yaitu mobil yang fun to drive.

"Melalui GR Supra yang dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun to Drive ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi yang sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars," kata Soerjopranoto. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More