Rabu 02 Oktober 2019, 08:10 WIB

Surya Paloh Minta Parlemen Evaluasi Total

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Surya Paloh Minta Parlemen Evaluasi Total

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketum DPP Partai NasDem Surya Paloh melambaikan tangan ke arah jurnalis saat akan memasuki ruang pelantikan anggota DPR periode 2019-2024.

 

ANGGOTA DPR periode 2019-2024 harus bisa belajar dari kekurangan DPR periode sebelumnya. Hal itu untuk mengangkat citra DPR yang terpuruk di mata masyarakat.

Demikian dikemukakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang secara khusus menumpukan harapan pada 59 anggota DPR dari Partai NasDem.

"Belajar dari kesalahan-kesalah-an dari periode sebelumnya. Itu pasti. Harus ada kemampuan mengevaluasi secara totalitas dengan positioning sebenarnya bisa dijalankan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan periode sebelumnya," ungkap Surya di kompleks parlemen, Jakarta, kemarin.

Ke-59 anggota DPR dari Partai NasDem, lanjut Surya, harus mampu mengubah pandangan masyarakat mengenai intitusi parlemen, khususnya DPR. Berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia, DPR menempati posisi kedua terbawah urutan lembaga yang dipercaya masyarakat.

Surya juga meminta anggota DPR yang baru dilantik dapat be-kerja dengan ketulusan hati untuk rakyat. Itu berarti mendahulukan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan parpol.

"NasDem harus konsisten dengan perkataan dan perbuatan. Untuk apa arti kehadiran institusi parpol bernama NasDem kalau hanya menambah kekurangan-kekurangan dari parpol yang sudah ada. Tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama. Mereka harus bisa bersikap dan tidak malu hati untuk meng-akui di mana kelemahan dan kebodohan dirinya," ungkapnya.

Di kesempatan terpisah, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno-putri berpesan agar seluruh anggota Fraksi PDIP menjalankan sumpah dan janji jabatan.

"Khususnya di dalam menjalankan konstitusi dengan selurus-lurusnya. Khusus bagi anggota dewan incumbent diminta untuk melakukan kritik dan autokritik atas tugasnya selama ini sebagai anggota dewan dan setia pada jalan kerakyatan," kata Megawati melalui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, kemarin.

PDIP juga menegaskan komitmen terhadap ideologi Pancasila dan kukuh sebagai kekuatan utama pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.

 

Suara milenial

Sebagai salah satu anggota DPR dari kalangan milenial, anggota DPR dari Fraksi NasDem, Prananda Paloh, menekankan bahwa saat ini suara kaum milenial mulai diperhitungkan di parlemen.

"Saya sudah memberikan gam-baran sejak lima tahun lalu walaupun saat itu suara milenial tidak diperhitungkan. Maka saya memberikan gambaran bahwa anak muda lebih idealis, kreatif, dan jujur pada dirinya sendiri," ungkap Prananda.

Prananda pun berpesan kepada  rekan-rekannya yang baru terpilih agar tidak takut dan ragu dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Selain Prananda, anggota legislatif milenial dari Fraksi NasDem ialah Hillary Brigita Lasut, Eva Stevany Rataba, Rian Firmansyah, Yessy Melanie, Kresna Dewanata Phrosakh, Percha Leanpuri, Ratih Megasari, Ina Elisabeth Kobak, dan  Arkanata Akram. (Iam/P-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More