Rabu 02 Oktober 2019, 07:50 WIB

Pesona Milenial di Sidang Perdana Senayan

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pesona Milenial di Sidang Perdana Senayan

MI/Susanto
Anggota termuda Hillary Brigitta Lasut (kanan) dan anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe menjadi pimpinan sementara DPR.

 

DUET dua pimpinan sementara DPR dalam memimpin rapat sidang paripurna pelantikan anggota DPR periode masa bakti 2019-2024 mencuri perhatian. Rapat dipimpin anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi Partai NasDem.

Keduanya berdiskusi saat memimpin rapat. Wajar, mengingat menjadi pimpinan sidang dalam sidang paripurna merupakan pengalaman baru bagi keduanya. Abdul Wahab sesekali berbisik kepada Hillary ketika memimpin rapat. Gadis kelahiran Manado, 22 Mei 1996 itu pun tampak memberi arahan kepada Abdul Wahab.

"Ketuk satu kali," bisik Hillary kepada Abdul Wahab yang lupa mengetukkan palu saat akan memulai sidang paripurna pelantikan, kemarin. Abdul Wahab pun mengetukkan palu sebagai tanda sidang resmi dibuka dengan persetujuan anggota DPR. Melihat kepolosan keduanya saaat memimpin sidang, para anggota DPR, DPD, MPR, dan para tamu undangan bertepuk tangan.

Saat memimpin sidang, Hillary mengenakan setelan balutan kebaya modern berwarna biru dengan aksen bordiran berwarna kuning.

"Pakaian ini membawa identitas daerah asal saya (Sulawesi Utara) sekaligus identitas partai yang berwarna biru dan kuning," ungkap mantan ketua OSIS SMA itu.

Hillary berbahagia mendapat tugas memimpin sidang. "Surprise menjadi pimpinan sidang DPR dan MPR."

Tamatan S-2 hukum dari Washington University, Amerika Serikat, itu ingin membenahi dunia hukum di Tanah Air. Karena itu, ia ingin duduk di Komisi III DPR. "Prioritas sekarang RUU KUHP."

Menurutnya, perlu regulasi baru di bidang hukum. "Aku lihat belum ada UU yang mengatur cyber crime, illegal fintech, seperti di Amerika."

Hil, panggilan akrab Hillary, lolos ke Senayan dari dapil Sulawesi Utara dengan meraup 70.345 suara di Pileg 2019.

Bagi dia, politik bukan hal asing karena ayah dan ibunya juga berkecimpung di dunia politik. Ayah Hillary, Elly Engelbert Lasut, ialah Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024. Elly juga Bupati Talaud selama dua periode sebelumnya (2004-2014). Adapun sang Ibu, Telly Tjanggulung, ialah Bupati Minahasa Tenggara (2008-2013).

Selamat bertugas, Hil! (Putra Ananda/Thomas H Suwarta/X-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More