Rabu 02 Oktober 2019, 07:20 WIB

Metode Baru Mampu Deteksi 20 Jenis Kanker

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Metode Baru Mampu Deteksi 20 Jenis Kanker

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

SEKELOMPOK ilmuwan Amerika Serikat sedang mengembangkan metode baru deteksi kanker yang dapat mengidentifikasi lebih dari 20 jenis kanker dengan akurasi tinggi. Hal itu terungkap dalam sebuah laporan yang diterbitkan Dana-Farber Cancer Institute dari Harvard University, baru-baru ini. Tes itu, yang dikembangkan perusahaan swasta Grail Inc, menggunakan teknologi pengurutan untuk mencari DNA yang disebut metilasi, yang memengaruhi aktivasi gen.

Para peneliti menganalisis sampel darah dari 3.583 orang, termasuk 1.530 orang yang sebelumnya telah didiagnosis kanker. Mereka mampu mengidentifikasi pasien pengidap kanker dengan tingkat keberhasilan tinggi. Mereka pun dapat mendeteksi jaring-an tempat kanker mulai tumbuh. Tes ini memberikan akurasi 99,4% dalam mendeteksi keberadaan kanker dan akurasi 89% dalam mendiagnosis jenis kanker. (Daily Sabah/Hym/X-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More